PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII C DI SMP 2 SOLOK SELATAN

Febrieti Febrieti

Sari


Abstrak : Tujuan pengembangan inovasi pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode tutor sebaya
dapat meningkatkan aktivitas belajar keterampilan memainkan alat musik pianika pada
siswa kelas VIIC di SMP 2 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan. 2) Untuk mengetahui
apakah dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar
keterampilan memainkan alat musik pianika pada siswa kelas VII C di SMP 2 Solok
Selatan Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 2 Solok Selatan
dengan alamat nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok
Selatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC di SMP 2 Solok Selatan Kabupaten
Solok Selatan semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan selama 5
minggu, dimulai tanggal 17 April 2018 dan berakhir tanggal 22 Mei 2018. Teknik
pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis
data merupakan upaya untuk mengolah data yang telah diperoleh dari hasil tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan analisa data penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan bermain alat musik pianika khususnya kelas VII C di SMP 2 Solok Selatan. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa yang terjadi peningkatan dari 24 siswa pada pra siklus 6 siswa (25%) memperoleh nilai ≥ 70, pada siklus 1 terjadi peningkatan 14 siswa (58%) memperoleh nilai ≥ 70, dan meningkat cukup pesat pada siklus 2 yaitu: 22 siswa (92%) berhasil memperoleh nilai ≥ 70. Sedangkan siswa yang belum berhasil memperoleh nilai ≥ 70 hanya 2 siswa (8%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut para guru disarankan untuk menggunakan metode yang tepat dalam upaya meningkatkan aktivitas dan belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya, salah satu metode tersebut adalah metode tutor sebaya. Kata Kunci: Keterampilan Bermain. Alat Musik Pianika. Tutor Sebaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, M. Toha, dkk. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka Anni, Chatarina Tri dkk. 2005. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES BSNP, 2006. Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas Fitria, Windri. 2011. Mahir Pianika. Jakarta: Laskar Aksara Koentjaraningrat. 2003. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Purnomo dan Subagyo, 2010. Terampil Bermusik. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan.Bandung. PT Remaja Rosda Karya Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Kurikulum. On line at: akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/08 [diakses 3 Mei 2013].

Sugandi, Ahmad, dkk. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES Sukidin, dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Insan Cendekia Sumaryanto, F. Totok. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Guru Seni Budaya SMP/MTs dan SMA/MA. Semarang: Universitas Negeri Semarang Sumiati dan Asra, 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Sutikno, Sobry. 2013.Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica Wagiman, Joseph. 1986. Pembinaan Ansambel Musik di SMP 2 Yogyakarta. Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i9.1553

Article Metrics

Sari view : 347 times
PDF - 336 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.