MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DI KELAS VI SDN NO. 109/II MANGGIS KECAMATAN BATHIN III KABUPATEN BUNGO

Ety Herawana

Sari


Abstrak : Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, guru juga ikut memegang peranan penting dalam peningkatan kwalitas siswa dalam belajar Matematika dan guru harus benar-benar memperhatikan, memikirkan dan sekaligus merencanakan proses belajar mengajar yang menarik bagi siswa, agar siswa berminat dan semangat belajar dan mau terlibat dalam proses belajar mengajar, sehingga pengajaran tersebut menjadi efektif. Hasil analisis ulangan harian pada materi di SDN No. 109/II Manggis Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo kelas VI pada mata pelajaran Matematika secara klasikal hanya 48% siswa mencapai nilai 7,0 ke atas dan rata-rata nilai prestasi siswa hanya mencapai nilai 6,19. Dari hasil ulangan harian tersebut, hanya 10 orang dari 25 siswa kelas VI SDN No. 109/II Manggis Kecamatan Bathin IIIKabupaten Bungo yang mencapai tingkat penguasaan materi sebesar 78% ke atas pada mata pelajaran Matematika materi pecahan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Untuk pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis perbedaan dengan menggunakan uji tes setelah dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 3 siklus terlihat adanya peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pecahan .Keaktifan belajar siswa siklus I rata-rata persentase skor aktivitas untuk seluruh siswa mencapai 64,81%, siklus II meningkat menjadi 73,70%, dan siklus III meningkat menjadi 83,70%. Hasil belajar siswa meningkat siklus I terdapat 6 orang siswa yang tuntas belajar (31,11%), siklus II terjadi peningkatan siswa yang tuntas belajar yaitu 12 orang (44,44%), dan siklus III ketuntasan belajar meningkat secara signifikan yaitu 23 orang (91,11%) tuntas belajar. Kesimpulan dari penelitian tindakan ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif type Jigsaw dalam penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pecahan yang efektif diterapkan.
Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Pembelajaran Pecahan, Model Jigsaw

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arends, 1997, Model-model Pembelajaran Inovaif, (Online). Diakes 5 April 2012. Dimyati dan Mujiyono, 1999.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, 2001.Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. Elliot, 1978.Educational Psychology Effective Teaching, Effective Learning. Singapura: Mc Graw Hill Book. Sagala, 2003.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Slavin, dalam Lies Aryati, 2012.Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Model TAI. Sumiati dan Asrori, 2008.Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama. Winkel, dalam Lies Aryati, 2012.Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Model TAI. Yamin dan Ansari, 2009.Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i9.1552

Article Metrics

Sari view : 199 times
PDF - 224 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.