PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 26 SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Eli Marni

Sari


Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peningkatan Pembelajaran PKn melalui Metoda Bermain Peran Siswa Kelas I SDN 26 Sungai Limau, Kecamatan Sungai Limau. 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan metoda bermain peran di kelas I SDN 26 Sungai Limau, Kecamatan Sungai Limau?. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan metoda bermain peran di kelas pembelajaran PKn dengan menggunakan metoda bermain peran di kelas I SDN 26 Sungai Limau, Kecamatan Sungai Limau?. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN 26 Sungai Limau Kecamtan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman pembelajaran PKn di sekolah ini belum pernah menggunakan metoda bermain peran. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN 26 Sungai Limau yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2016-2017. Pada Bulan Februari s.d April 2017. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data dilakukan terhadap data yang telah direduksi baik data perencanaan, pelaksanaan, maupun data evaluasi. Berdasarkan data hasil penelitian, dan pembahasan tentang upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan metode bermain peran dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru harus membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran. Rancangan pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran yang akan digunakan. 2) Pembelajaran PKn dengan metode bermaian peran adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga dapat mengembangkan afektif dan psikomotor siswa. Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metoda bermain peran terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap periapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. 3) Pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermaian peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 26 Sungai Limau. Kata Kunci: Pembelajaran PKN. Metode Bermain Peran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fenfen.2009.http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080527070602AAQ5Pc2 Depdiknas. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas Azis Wahab. 2002. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka. Sanjaya,Wina.2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Nana, Sudjana. 2003. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algesindo Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Abdul. 2007. Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran IPS. Jakarta: Oemar, Hamalik. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdaskan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara Wardhani, I.G.A.K: Kuswaya Wihardit dan Noehi Nasoetion. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i9.1550

Article Metrics

Sari view : 136 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.