PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS II SDN 30 SUNGAI LIMAU

Ali Mardi

Sari


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan untuk meningkatkan pembelajaran tematik terpadu pada tema Hidup bersih dan sehat dengan model discovery learning di Kelas II SDN 30 Sungai Limau. 2) Pelaksanaan untuk meningkatkan pembelajaran tematik terpadu pada tema Hidup bersih dan sehat dengan model discovery learning di Kelas II SDN 30 Sungai Limau. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas II SDN 30 Sungai Limau.Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru Kelas II dan Kepala Sekolah SDN 30 Sungai Limau. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas II SDN 30 Sungai Limau, dengan jumlah siswanya adalah 9 orang, 4 orang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II (dua) yaitu Januari-Juni pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan cara observasi. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) RPP siklus I diperoleh rata-rata 78,9% dan siklus II diperoleh rata-rata 90,5%. b) pengamatan aspek siswa siklus I diperoleh rata-rata 79,2% dan siklus II diperoleh rata-rata 91,6%. c) pengamatan aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 79,2% dan siklus II diperoleh rata-rata 91,6%. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu pada tema Hidup bersih dan sehat di Kelas II SDN 30 Sungai Limau. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik Terpadu, Model Discovery Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Lif Khoiru & Sofan Amri. 2014. Pengembangan & Model Pengajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi. Yogyakarta: Gaya Media Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada Husamah & Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustakarya Kurniasih, Imas & Sani Berlin. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena M.Hosnan. 2014.Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran 2014.Jakarta: Ghalia Indonesia Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara Uno, Hamzah B, Nina lamatenggo & Satria M.A Koni. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i9.1547

Article Metrics

Sari view : 317 times
PDF - 390 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.