KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN TERHADAP KINERJA PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES PADANG

Renidayati, H. Sunardi, Andra fikar

Sari


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk melihat deskripsi kepuasan pengunjung dengan kualitas layanan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Padang. Penelitian sistematis diperlukan untuk membuktikan secara konkret tingkat kepuasan mahasiswa Politeknik Kesehatan Padang terhadap layanan perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Padang. Desain penelitian deskriptif. Sampel penelitian siswa yang mengunjungi perpustakaan diambil secara purposive sampling berjumlah 82 orang. Hasil Penelitian 66,32% pengunjung puas dengan akses informasi (akses informasi), 68,61% pengunjung puas dengan sikap petugas dalam melayani pengaruh (layanan), 66,17% pengunjung puas dengan kemudahan menemukan informasi tanpa bantuan (kontrol pribadi) dan 77,18% pengunjung ke perpustakaan Politeknik Kementerian Kesehatan Padang puas bahwa perpustakaan adalah tempat (perpustakaan sebagai tempat). Diharapkan bahwa peningkatan sumber daya manusia di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Padang akan terutama terkait dengan sikap dan kemampuan petugas dalam melayani pengunjung perpustakaan dan menambah koleksi di perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang. Kata kunci: Layanan kepuasan-kinerja-perpustakaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Standarisasi Nasional Indonesia. Standarisasi nasional indonesia untuk perpustakaan perguruan tinggi : SNI 7330:2009. Bakhtiar, A., Susanty, A., dan Massay, F. 2010. Analisis Kualitas Pelayanan yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode SERVQUAL Dan Model Kano (Studi Kasus: PT. PLN UPJ Semarang Selatan). J@TI Undip Volume V Nomor 2: 77-80. Berry L.L, Parasuraman, A. And Zeithaml V., (1994), Improving Service Quality in Amerika : Lessons Learned, Academy of Management Executive De Jong, Cees-Jan. (2006). Undegraduate students perspective on the reference transaction : a plot study. December 13, 2010. http://www.cais-acsi.ca/proceedings/2006/de jong 2006 pdf Departemen Pendidikan Nasional RI. (2004). Perpustakaan perguruan tinggi; buku pedoman. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hermawan, Rahman dan Zen, Zulfikar. (2006). Etika kepustakawanan : suatu pendekatan terhadap kode etik pustakawan Indonesia. Jakarta : Sagung Seto. Indonesia. Undang-undang No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Katz, William A. (2002). Introduction to reference work : basic information source (Vol. I) 8th edition. New York : McGraw-Hill. Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane (2009). Marketing management ; thirteenth edition. New Jersey : Pearson Prentice Hall. Ningrum Roh, F. (2014). Pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pengunjung di perpustakaan universitas muhammadiyah surakarta. Pradipta, dkk ( 2017). rancangan Dan Implementasi Survei Kepuasan Pengunjung Berbasis Web Di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga.JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi - Volume 15, Nomor 1, Januari 2017: 63 – 71 Sugiyono. (2007). Metode penelitian administrasi : dilengkapi dengan metode R&D. Bandung : Alfabeta. Tjiptono, Fandy. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi. Ningrum Roh, F. (2014). Pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pengunjung di perpustakaan universitas muhammadiyah surakarta. Yunanta, A. (2015). Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan Berdasarkan Harapan dan Kenyataan : Studi kasus pada Perpustakaan Politeknik Negeri.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i7.1500

Article Metrics

Sari view : 470 times
PDF - 311 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.