PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA DALAM BERKOMUNIKASI PADA MATAKULIAH PUBLIC RELATION DI PERGURUAN TINGGI KESEHATAN

Al Kudri, Tomi Tamara

Sari


Abstrak : Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada matakuliah Public Relation Program Studi D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan STIKes Dharma Landbouw Padang, ditemukan masalah yaitu mahasiswa sulit melakukan pemecahan masalah dalam berkomunikasi pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam berkomunikasi pada mata kuliah public relation di perguruan tinggi kesehatan.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan model pembelajaran langsung. Variabel dependen yang digunakan adalah kompetensi pemecahan masalah mahasiswa dalam berkomunikasi yang diperoleh setelah mengikuti serangkaian tes hasil belajar terhadap pembelajaran yang dieksperimenkan. Penentuan sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang yang terdiri dari 30 kelas B sebagai kelas eksprimen dan 30 kelas C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pemberian tes dan non tes. Akhir analisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (4,95) > ttabel (1,68) berarti H0 ditolak atau ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam berkomunikasi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dengan model pembelajaran langsung. Perbedaannya adalah kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam berkomunikasi yang belajar dengan pemecahan masalah creative problem solving (CPS) lebih tinggi daripada pada kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam berkomunikasi pada matakuliah public relation. Kata Kunci: Model pembelajaran, creative problem solving, pembelajaran langsung, kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam berkomunikasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arend, R. 2013. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara. Cahyono. 2009. Penerapan Creative Problem Solving (CPS). FKIP. Universitas Negeri Semarang. Jurnal (Online). Diakses Tanggal 10 April 2018. Cheolil Lim, Kyungsun Park and Miyoung Hong. 2010. An Instructional Model with an Online Support System for Creative Problem Solving . International Journal for Educational Media and Technology. Diakses Tanggal 22 April 2019. Effendy, O.U. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Fernando C. Sousa, Ileana P. Monteiro, Andre P. Walton and Joao Pissarra. 2014. Adapting Creative Problem Solving to an Organizational Context: A Study of its Effectiveness with a Student Population. Joernal International Number 14. Diakses Tanggal 22 April 2019. Hubeis, Musa, dkk. 2012. Komunikasi Profesional, Seperangkat Pengembangan Diri. Bogor: IPB Press. Kasali, R. 2015. Metode Penelitian Komunikasi. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. Kistner, Saskia; Rakoczy, Katrin; Otto, Barbara; Klieme, Eckhard; Büttner, Gerhard. 2015. Teaching learning strategies. The role of instructional context and teacher beliefs. Journal for educational research online 7 (2015) 1, S. 176-197. Diakses Tanggal 22 April 2019. Pepkin, K.L.2004. Creative Problem Solving In Math. Dalam N. Sriwati, G. Suhandana, dan N. Atmadja, e-Journal Program Pasca Sarjana Univ. Pendidikan Ganesha Prodi AP Vol.4 Tahun 2013 (hal 3). Singraja: Univ. Pendidikan Ganesha. Rawat, Deepti Ms. 2015. Importance Of Communication In Teaching Learning Process. An International Peer Reviewed and Revered Scholarly . Ruslan, Rosady. 2002. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Jakarta: RajaGrafindo Persada. Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sudjana. 2005. Metoda Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito. Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani. Sumarto. 2016. Komunikasi Dalam Kegiatan Public Relations. Jurnal Informasi Kajian Ilmu Komunikasi Volume 46. Nomor 1. Juni 2016 (Online). Diakses Tanggal 10 April 2018. Syukur, A. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati, Cirebon. Diakses Tanggal 10 April 2018.

Zulyadaini. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMA. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Batanghari. Jurnal Ilmiah Dikdaya (Online). Diakses Tanggal 10 April 2018.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i7.1493

Article Metrics

Sari view : 453 times
PDF - 352 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.