PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ANEKDOT MENGGUNAKAN STRATEGI GENIUS LEARNING SISWA KELAS VII SMPN 3 KECAMATAN HARAU

Poni Ernis

Sari


Dalam pembelajaran menulis teks anekdot berdasarkan strukturnya, merupakan media pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif dan bekerjasama serta bisa bertukar pikiran satu sama lainnya untuk semangat dalam belajar. Menggunakan strategi genius learning telah mampu meningkatkan keterampilan menulis dalam teks anekdot yang menuntukan strukturnya siswa kelas VII Kecamatan Harau. Hasil pra siklus pada menulis teks anekdot berdasarkan strukturnyasiswa kelas VII SMPN 3 Kecamatan Harau tanpa menggunakan strategi genius learning yaitu dapat ditinjau dari aspek menentukan struktur teks anekdot keseluruhan diperoleh nilai rata-rata 74,76 dengan kualifikasi tidak tuntas dan nilai sikap dengan kualifikasi kurang baik. Hasil penelitian pada siklus I menulis teks anekdot berdasarkan strukturnyasiswa kelas VII Kecamatan Harau tanpa menggunakan strategi genius learning yaitu dapat ditinjau dari aspek menentukan struktur teks anekdot keseluruhan diperoleh nilai rata-rata 78.83 dengan kualifikasi tuntas dan nilai sikap dengan kualifikasi baik. Hasil penelitian pada siklus II menulis teks aneldot berdasarkan strukturnyasiswa kelas VII 3 Kecamatan Harau tanpa menggunakan strategi genius learning yaitu dapat ditinjau dari aspek menentukan struktur teks anekdot keseluruhan diperoleh nilai sangat memuaskan yang dengan kualifikasi tidak tuntas hanya 2 orang dan nilai sikap dengan kualifikasi sangat baik. Kata Kunci: Menulis Anekdot, Strategi Genius Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2008. Pokoknya Menulis. Bandung:Kiblat Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara. Asmani, Jamal Ma„mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakterdi Sekolah. DIVA Press: Yogyakarta Dananjaya, Utomo, 2012. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Gunawan, Adi.W. 2013. Genius Learning Strategy. Jakarta : PT Gramedia. Madya, Suwarsih. 2006 . Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta. Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: PT Remaj Rosdakarya Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE. Pardjono dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta. Sudjana, Nana. 2000. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo..




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i5.1356

Article Metrics

Sari view : 276 times
PDF - 362 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.