KEMAMPUAN MEMAHAMI RELASI MAKNA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 MANDIANGIN KOTO SELAYAN KOTA BUKITTINGGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Lili Hasmi

Sari


Penelitian ini membahas tentang kemampuan memahami relasi makna siswa kelas V SDN 02 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Masalah yang diteliti dibatasi pada kemampuan siswa menentukan relasi makna khusus tentang sinonim, antonim, dan homonim dengan penerapan model pembelajaran tipe make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memahami relasi makna siswa kelas V SDN 02 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi dengan menggunakan metode kooperatif tipe make a macth. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 02 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi karena kemampuan memahami relasi makna khususnya tentang sinonim, antonim, dan homonim belum pernah menggunakan metode kooperatif tipe make a macth. Oleh sebab itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang kemampuan memahami relasi makna siswa kelas V SD Negeri 02 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi dengan menggunakan metode kooperatif tipe make a macth. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif..Sampel penelitian berjumlah 19 orang. Berdasarkan hasil analisis data dan pebahasan dapat disimpulkan berikut secara umum kemampuan siswa dalam memami relasi makna berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Rata-rata untuk indikator sinonim, tingkat kemampuan berada pada kualifikasi lebih dari cukup (70.21). Pada indikator antonim, tingkat kemampuan kualifikasi cukup (56.94). Pada indikator homonim, kualifikasi kemampuan hampir cukup (52.05). Kata Kunci: Makna, Relasi Makna, Metode Kooperatif, Tipe Make A Macth

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminuddin. 2008. Semantik Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. BSNP. 2006. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Chaer, A. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta. Keraf, G. 1987. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta:PT Gramedia. Kosasih. 2002. Kompetensi Ketatabahsaan. Bandung: Yrama Widya. Lie, A. 2007. Cooperative Learning. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya. Pateda, M. 2001. Semantik Leksikal. Jakarta: PT Rineka Cipta. Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung. Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto, 2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta : Prestasi Pustaka




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i5.1351

Article Metrics

Sari view : 323 times
PDF - 1625 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.