OPTIMALISASI POTENSI PERALATAN BENGKEL (WORKSHOP) TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 TEMBILAHAN MELALUI KEGIATAN UNIT PRODUKSI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DAN MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT

Zulkarnaini Zulkarnaini

Sari


Berbagai permasalahan yang dihadapi selama ini dalam kegiatan belajar mengajar antara lain adalah rendahnya minat belajar siswa yang ditandai dengan banyaknya siswa yang bermalas-malasan sewaktu praktik dan terkesan hanya sekedar ikut-ikutan saja, sedangkan hasil belajar siswa di atas KKM masih kurang dari 50%, artinya KBM belum mencapai tujuan sesuai dengan yang diinginkan. Suatu kelas telah mencapai ketuntasan dalam belajar apabila di kelas tersebut telah tuntas belajar atau 75 % dari jumlah siswa telah mencapai nilai ≥ 70 (Sujono, 1990:70). Berkaitan dengan permasalahan tersebut, diantaranya disebabkan oleh kurang maksimalnya sumber daya sekolah yang ada untuk mencapai tujuan pendidikan SMK, yaitu menciptakan tenaga kerja yang kompetitif, terampil dan mandiri sesuai bidang keahliannya masing-masing, sehingga mampu hidup dalam setiap perkembangan zaman yang semakin canggih khususnya dalam memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah di depan mata. Untuk menjawab permasalahan di atas maka perlu adanya optimalisasi potensi peralatan SMK Negeri 2 Tembilahan melalui kegiatan Unit Produksi (UP) khususnya pada Program Keahlian Teknik Pemesinan sehingga berkorelasi terhadap minat belajar siswa. Hasil pengamatan juga menunjukkan korelasi yang positif antara kegiatan unit produksi dengan peningkatan minat dan prestasi belajar peserta didik.
Kata kunci : optimalisasi peralatan, kegiatan unit produksi, minat belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdikbud (1999). Informasi Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdikbud.

Hasan, Bachtiar. (2002). Pendidikan Kejuruan di Indonesia. Dikmenjur.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri. (2009). Permendiknas No 28 Tahun 2009 Tentang Standar Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Peraturan Pemerintah. (1990). Peraturan Pememerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Kejuruan.

Soelipan, (1995). Pedoman Penyelenggaraan Bengkel Mesin. Bandung: PPPG Teknologi Bandung.

Triyatno Agus. (2013). Optimalisasi Pemanfaatan Peralatan Bengkel Pemesinan Di SMK Muhammadiyan 1 Salam /Skripsi FT UNY.

Undang-undang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

https://www.rijal09.com/2016/11/pengertian-minat-belajar.html

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-potensi-dan-jenis-jenisnya/

https://www.scribd.com/doc/66397703/13-panduan-Unit-Produksi

https://www.google.com/BAB 2 pengertian-optimalisasi-pdf




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i4.1325

Article Metrics

Sari view : 716 times
PDF - 829 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.