MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUSN RPP MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIC MELALUI SUPERVISI KLINIS PADA SD NEGERI SE GUGUS IV TANJUNG PATI KECAMATAN HARAU SEMESTER GANJIL 2018/2019

Sofyan Efendi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis peningkatan kompetensi guru kelas dalam menyusun RPP menerapkan pendekatan saintific pada pelaksanaan K 2013 di SD Negeri Se Gugus IV Tanjung Pati Kecamatan Harau , Kabupaten Limapuluh Kota.
Penelitian ini dilaksanakan mengunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari; perencanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi. Dilaksananakn pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2018. Data diolah pada setiap siklus kemudian dianalisis menggunakan prosentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah supervivi akademik dapat meningkatkan pedagogik guru dalam menyusun RPP menerapkan pendekatan saintific pada K 2013. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh untuk peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tahun pelajaran 2018 /2019 (prasiklus) 78,1 % pada siklus I dan 84,1 % terjadi peningkatan sebanyak 6% pada siklus II memperoleh nilai 94,3 % terdapat peningkatan 10,2 % , total keseluruhan peningkatan dari prasiklus sampai siklus II sebanyak 16,2% pada tahun pelajaran 2018 /2019 pada semester ganjil ini
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan supervivsi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP sehingga dapat pula meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik , Supervisi klinis dan pendekatan saintific.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP, Salinan lampiran peraturan Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia No.22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Fathurrohman.M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan. M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Indriani, Fitri. 2016. ’’Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pengajaran Micro di PGSD Uad Yogyakarta.’’ Journal III, No. I 2016.

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan 2013.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Penididikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Kurniasih dan Sani Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Mulyasa. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rusdakarya Offset.

Nawawi, Hadari & Mimi Martini. 2005. Penelitian Terapan. Yogyakarta:

Gadjahmada University Press.

Permendikbud.2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.Jakarta. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.Jakarta. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. 4. Jakara: Raja Grafindo Permai.

Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Yamin, Martinis. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i4.1315

Article Metrics

Sari view : 217 times
PDF - 202 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.