WARUNG KOPI SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN SUMBER INFORMASI BAGI PROFESI WARTAWAN DI KOTA PADANG
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abadi, Citra (2013). Konstruksi Makna Sosialita Bagi Kalangan Sosialita di Kota Bandung (Studi Fenomenologi tentang Konstruksi Makna Sosialita Bagi Kalangan Sosialita di Kota Bandung), Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia, Bandung, 1-15. Abadi, T. W. (1996). Interaksi Komunikasi Dalam Negosiasi Pilihan Berbahasa Pada Masyarakat Bilingual di Surabaya, Jurnal PRASASTI No.22 tahun VI April 1996. Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo A.Fedyani Syaefuddin.2005. Antropologi Kontemporer : Suatu Pengantar.Bandung : Rosda. Akhmad Zaini Abar. 1995. 1995. Kisah Pers Indonesia 1966-1974. Yogyakarta: LKiS. Alo Liliweri. 2004. Gatra-gatra Komunikasi Antar Budaya,Jakarta: Pustaka Pelajar. Amri, R. (2013). Perkembangan Warung Kopi Phoenam 1946-2006, Universitas Hasanuddin, Makassar. Anselm Strauss,Juliet Corbin. 2009. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bungin, B. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. ________. 2008. Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta : Kencana Prenada Media Group. ________. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Baran, S. J. & Davis, D. K. (2010). Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan dan Masa Depan, Jakarta: Salemba Humanika. Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Basrowi & Sudikin. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia. Blank, G. & Van V. N. (2007). Camping Out in the Coffee Shop World: A Sociological Analysis of Coffee Shop Conventions, American University Budyatna, M. & Ganiem, L. M. (2012). Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Cresswell, John W, 1994, Research Design :Qualitative and Quantitative Approach. California : Sage Publication. Crick,A.P.(2011). New ThirdPlaces : Opportunities and Challenges, Tourism Sense making: Strategies to Give Meaning to Experience (Advances in Culture, Tourism and Hospitality Research, Volume 5), Emerald Group Publishing Limited, pp.63-77, ISBN:978-0-85724-853-4. Cevilla, dkk., 1993. Pengantar Metode Penelitian, Jakarta : Universitas Indonesia.
Denzin. N. K. & Lincoln. Y. S. (Editors) (1994). Handbook of Qualitative Research. London. New Delhi: Sage. Devito, J. 2011. Komunikasi Antar Manusia, Edisi Kelima. Jakarta : Kharisma Publishing Group Eriyanto. 2002. Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta : PT. LkiS Pelangi Aksara. Goenawan, F. (2008). Nilai dan Gaya Hidup Masyarakat di Dalam Media. Jurnal Ilmiah SCRIPTURA. Vol.2, No.2, Juli 2008: 183-190. Gupta, N. & Hampton, K. N. (2003). Grande Wi-Fi: Social Interaction in Wireless Coffee Shop World. Habermas. Jurgen. 2008. “Ruang publik Jurgen Habermas sebuah kajian tentang kategori masyarakat Borjuis “. Yogyakarta : Kreasi Wacana Yogyakarta. Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa (POD). Jakarta: Granit. Hanitzsch, T. (2001). Teori Sistem Sosial dan Paradigma Konstruktivisme: Tantangan Keilmuan Jurnalistik di Era Informasi. Jurnal Mediator. Vol.2 No.2. 20 Maret 2016. Hardjana, A. (2003). Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal, Yogyakarta: Kanisius. Hasbiansyah, O. (2004). Konstelasi Paradigma Objektif dan SubjektifdalamPenelitian Komunikasi dan Sosial. Jurnal Komunikasi Mediator. Khoironi, F. (2010). Ekspresi Keberagaman Komunitas Warung Kopi (Analisis Profil Komunitas Warung Kopi Blandongan di Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta Kartini Kartono, 1990. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju. Khairul Jasmi. “Pers Sumatera Barat; Konfigurasi Pemikiran yang Menakjubkan”. Majalah Pantau, edisi Februari 2002.
Kode Etik Jurnalistik (KEJ) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). (29 Juni 2015) dari www.pwi.or.id.(https://id.wikipedia.org/wiki/Wartawan). Littlejohn, S. W. Dan Karen A.F. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika. Lin,E. Y. (2012). Starbucks as the Third Place : Glimpses into Taiwan’s Consumer Cultureand Lifestyles.Journal of International Consumer Marketing. Volume 24, 119-128. 7 Februari 2016 Latif Yudi. 2005. Inteligensia Muslim Dan Kuasa: Geneologi Inteligensia Muslim Indonesia Abad ke 20, Bandung: Mizan Media Utama Luwi Ishwara. 2011. Jurnalisme Dasar.Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara. Masduki. 2004. Kebebasan Pers dan Kode Etik Jurnalistik.Yogyakarta : UII Press. Mardalis, 1999. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Bumi Aksara. Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Prabowo R. Cahyo, warung kopi sebagai bentuk komunikasi efektif masyarakat indonesia,(Online), (http://www.warung-kopi-sebagai-bentukkomunikasi-efektif-dan-komunikasi-lintas-budaya-masyarakat-indonesia595770.html), diakses tanggal 10Oktober 2015. Rahmat Kriyanto. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Reztya, R. 2009. Ngopi antara hobi dan kebutuhan, (Online), (http://www. mc8ukkngopi-antara-hobi-dan-kebutuhan.html), diakses tanggal 19 September 2015. Rivers,W.L.,Peterson,T.&Jensen, J. W. (2003).Media Massa &MasyarakatModern. Edisi Kedua.Jakarta:PrenadaMedia.
Rosenbaum, M. S. (2006). Exploring the Social Supportive Role of Third Places in Consumer’s Lives, Illinois University. Journal of Service Research, DOI: 10.1177/1094670506289530 Vol.9, 59-72. 7 Februari 2016. www.jsr.sagepub.com.
Robinson, S. & Deshano, C. (2011). Citizen Journalists and Their Third Place. Journalism Studies. DOI:10.1080/1461670X.2011.557559 Volume 12, 642-657. 7 Februari 2016. www.tandfonline.com. Samsul Wahidin, 2013, Dimensi Etika dan Hukum Profesionalisme Pers,Jogjakarta : Pustaka Pelajar. Samovar,L.A.,Porter,R. E.&McDaniel,E.R. (2010). KomunikasiLintas Budaya. Jakarta:SalembaHumanika Satjipto Rahardjo, 2010.Sosiologi Hukum, Esai-esai Terpilih, Jogjakarta : Genta Publishing.
Silaban,M.W. (2012). Analisis Penerapan Ekonomi Media Pada Media Market Leader. Journal ofAdvanced Communication. Volume 2Nomor1.ISSN2087-9350.25 Januari 2016. www.library.binus.ac.id. Scheufele, Dietram A. 1999. "Framing as a theory of media effects." Journal of communication 49.1 (1999): 103-122. Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Susanto Pudjomartono. 1998. Pers Indonesia Pasca Soeharto. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen. Suyanto, Sutinah. 2006. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Predana Media Group: Jakarta. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers (19 September 2015) dari www.pwi.or.id.
Vien Dimyati. 2013. Mengembalikan Kejayaan Kopi Indonesia. (online) (www.Jurnas.com), diakses tanggal 14 September 2015.
Wikipedia. Warung Kopi, (Online), (http://www.wikipedia.com), diakses tanggal 10 Oktober 2015. http://lahatonline.com/3879-warung-kopipun-jadi-ajang-kumpul-para-jurnalis.html, diakses pada tanggal 06 januari 2016. http://www.inioke.com/berita/artikel/feature/125/04/06/2015/menikmati-kopi-sambil-mengubah-sejarah-di-rimbun-espresso-brew-bar, diakses tanggal 19 September 2015. http://kris170845.wordpress.com/2014/07/24/mengidentifikasi-sumber-terpercaya-secara-jurnalistik/, diakses tanggal 3 September 2016.
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.1297
Article Metrics
Sari view : 810 timesPDF - 390 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.