ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PELAYANAN PROMOTIF PREVENTIF KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA PUSKESMAS DI KOTA BUKITTINGGI

Arnetty Arnetty

Sari


Depkes RI menetapkan bahwa salah satu upaya pencapaian derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal bagi masyarakat adalah dengan menekan prevalensi kasus kesehatan gigi dan mulut. Target nasional kunjungan poli gigi 4% dan jumlah penduduk. Puskesmas Kota Bukittinggi pada tahun 2015 jumlah kunjungan baru kesehatan gigi dan mulut berkisar 3,7 % dari jumlah penduduk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis program pelayanan promotif preventif kesehatan gigi dan mulut pada Puskesmas di Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam dan melakukan triangulasi sumber dan metoda serta melakukan telaah dokumen. Infomen dalam penelitian ini adalah dokter gigi dan perawat gigi dari 7 Puskesmas yang ada di Kota Bukittinggi, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas dan petugas Puskesmas lainnya serta masyarakat sebagai pasien penerima pelayanan kesehatan gigi dan mulut dan komponen input proses dan output Hasil penelitian menyatakan bahwa pada aspek Input untuk SDM Puskesmas telah memiliki kompetensi dan jumlah yang cukup, sarana prasarana masih belum memadai karena beberapa alat yang rusak dan gedung masih belum memenuhi standar,dana operasional kesehatan lancar namun dana belum mengkoordinir semua kegiatan, dana pelatihan SDM Puskesmas belum tersedia. Aspek Proses untuk pelayanan promotif preventif kurang terlaksana, preventif dalam gedung dengan adanya retribusi untuk pelayana, Aspek Output menyatakan ada beberapa masyarakat yang mengeluhkan pelayanan preventif di poli gigi Puskesmas Kota Bukittinggi. Kesimpulan pada penelitian ini belum ada pemegang program kesehatan gigi dan mulut pada Dinas Kesehatan yang rnenyebabkan belum terlaksana monitoring dan evaluasi. Saran dipandang perlunya perbaikan perencanaan dan pengorganisasian, pembangunan sarana dan peralatan penyediaan ketenagaan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaksana program untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. Daftar Kepustakaan : 32 (1980-20 12) Keywords : Program Kesehatan Gigi dan Mulut, Mulut Pelayanan , Pelayanan Promotif Preventif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrizal, Kamil. (2009). Studi Perilaku Semen Instan Geopolimer Berbahan Dasar Fly Ash dan Metakaolin. Skripsi Teknik Sipil. Universitas Indonesia Azwar,A,1994.Manajemen Kualitas Pelayanan Kesehata Pustaka Sinar Harapan, Jakarta ,1996,PengantarAdministrasi Kesehatan, Edisi Ketiga, Binarupa Aksara, Jakarta. ,2001 Kualitas Pelayanan Kesehatan Pustaka Sinar Harapan, Jakarta Bachtiar,dkk,2002,KepuasanPasien Terhadap Pelayanan Di Instalasi Rehabilitasi Medik R S Ciptomangunkusumo. Brown, H.D. (1987). Principles of language learning and teaching. (2nd ed). London: Printice-Hall Inc. Boediono, B, 1999. Pelayanan Prima, Penerbit Yayasan Kawula Indonesia, Jakarta. Donabedian,A. (1980). The Defenition of Quality and Approaches to Its Assessment in Exploration in Quality Assessment and Monitoring. Vol I. Health Administration Press, Ann Arbor, Michigan Crosby, S. 1984.Relative Deprivation , The Sense of Injustice Social Psychological Pespectives. New York : Plenum. Departemen Kesehatan RI, 1994. Pedoman Penyelenggaraan Upaya Pelayanan Kesehatan Gigi di Puskesmas, Depkes RI . Jakarta. Departemen Kesehatan RI, 1991. Kurikulum Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG), Depkes RI . Jakarta. Departemen Kesehatan RI, 1992. Standar Pelayanan Profesi Kedokteran Gigi di Indonesia Depkes RI . Jakarta. Departemen Kesehatan RI, 1994. Profil Kesehatan Gigi dan Mulut di Indonesia, Depkes RI . Jakarta. Departemen Kesehatan RI, 1995.Tata Cara Kerja Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas, Depkes RI. Jakarta. Departemen Kesehatan RI, 2000 Paradigma Baru Pelayanan Kesehatan Indonesia. Jakarta. Departemen Kesehatan RI 2002 Pedoman Organisasi Rumah Sakit Umum No. 983, Jakarta. Departemen Kesehatan RI, 2003. Direkorat Keteksinasan dan Pelayanan Medik. Dasar-dasar Asuhan Kesehatan. Jakarta. Departemen Kesehatan RI 2007. StandarPelayanan Kesehatan Gigi Mulut di Puskesmas. Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Dasar. Jakarta Djoko, Wijono (2001). Manajemen Perbaikan Gizi Masyarakat. Duta Prima Airlangga. Jakarta Entjang, Indan, 2000.Ilmu Kesehatan Masyarakat. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Fahmi, Rahmi. 2009. Performance Appraisal for Academic staff A Case study of multiple attitudes and perceptions from stakeholders perspective in Indonesia. Saarbrucken. Lambert Academi Publishing Gesperz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. Hariyani,C.,2004. Analisis Persepsi KualitasPelayananTerhadap Kepuasaan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Langsa Tahun 2003, Tesis, Sekolah Pasca Sarjana USU, Medan.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). http://kbbi.blogspot.com. Diakses tanggal 0 Desember 2013. Mardiasmo. 2000. “Implikasi APBN dan APBD Dalam Konteks Otonomi Daerah”. Kompak, No.23, 573-587. Moleong, Lexy J. (2011) Metodologi PenelitianKualitatif Bandung Remaja: Rosdakarya. Moenir,AS .1992. Manajemen Layanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara Peter, Salim. 1991 Kamus bahasa Indonesia komtemporer, Jakarta: Balai pustaka Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja Bandung Mandar Maju Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta Tjiptono Fandi., Gregorius 2004 Service,Quality Satisfaction. Andi Yogyakarta. Wirawan. (2011) Evaluasi, Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Contoh Aplikasi Program: Pengembangan SDM Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan, Kurikulum Perpustakaan dan Buku Teks. Jakarta: Rajawali Pers




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.1287

Article Metrics

Sari view : 1282 times
PDF - 941 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.