PERBEDAAN PERILAKU MENYIKAT GIGI SISWA DALAM KESEHATAN GIGI DENGAN METODE STORYTELLING DI SDN 13 PARIT PUTUS KABUPATEN AGAM TAHUN 2018
Sari
According to World Health Organization (WHO), 90% of school-aged children in the world have
caries in their teeth. Caries is caused by plaque and it can only be cleaned by brushing. The
correct technique of brushing behavior is based on the knowledge of the children. One of the
methods that can be used in dental health education is storytelling. The purpose of this research is
to know the difference of students tooth brushing behavior toward dental health education by
storytelling method at SDN 13 Parit Putus Agam Regency. Pre-experimental research design had
been used as the design of this research with one group pretest posttest design with three
treatments. The samples of this research were 20 people. It can be gotten from non-probability
technique that was saturated sampling. The results of this research showed that the average
behavior of tooth brushing students before being given dental health education trough storytelling
method was 38.00. Meanwhile, after applying this method the average was around 45.15 with p
value = 0.000. Of the three domains studied, the most significant change was knowledge, is after
two treatments, while the attitude domain on the third treatment and action domain had not shown
a very significant difference after three treatments. In conclusion, there is significant difference
between tooth brushing behaviors on students before and after given dental health education by
storytelling method. It is suggested to health workers to apply this method in providing dental
health education to children in the school.
Keywords : Storytelling, Brushing Behavior
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abiyoga, Arifin & Norlita. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode
Storytelling (Bercerita) dalam Personal Hygiene terhadap Hygienitas Kuku pada
Anak Usia Sekolah. Jurnal Darul Azhar, 4, 71-80
Afifah (2017). Pengaruh Metode Storytelling terhadap Perilaku Menggosok Gigi Siswa
SD Banyuripan Kelas IV Dan V Bangunjiwo Kasihan Bantul.
Asy’ariyah, Arif & Krisnana. 2015. Storytelling sebagai Upaya Meningkatkan Konsumsi
Sayur.Jurnal Pediomaternal, 4, 73-82
Azwar, S. 2011. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gopdianto, Ratu & Mariati. 2015. Status Kebersihan Mulut dan Perilaku Menyikat Gigi
Anak SD Negeri 1 Malalayang. Jurnal e-Gigi (eG), 3, 130-138
Hestiani, Yuniar & Erawan. 2017. Efektivitas Metode Demonstrasi (Sikat Gigi) terhadap
Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan terkait pencegahan Karies Gigi
pada Siswa Kelas IV dan V di Kecamatan Ranteangin Kabupaten Kolaka Utara
Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2, 1-10
Kantohe, Wowor, & Gunawan. (2016). Perbandingan Efektivitas Pendidikan Kesehatan
Gigi Menggunakan Media Video dan Flipchart terhadap Peningkatan Pengetahuan
Kesehatan Gigi dan Mulut Anak. Jurnal e-Gigi (eG), 4, 96-101
Kementerian Kesehatan RI, 2013. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Badan Penelitian
dan Pengembangan Kesehatan
Listuayu. Pengaruh Storytelling terhadap Motivasi untuk Melakukan Personal Hygiene
pada Anak Usia Prasekolah di TK Mandala Kumara Denpasar
Magfirah, Widodo, Rachmadi. 2014.Efektivitas Menyikat Gigi Disertai Dental Floss
terhadap Penurunan Indeks Plak. Jurnal Kedokteran Gigi Dentino, 2, 56-59
Mawaddah, S. 2017. Pengaruh Storytelling Video terhadap Perilaku Gosok Gigi pada
Anak Usia Sekolah Dasar di MI Mu’awanah Muslimin Samirejo Dawe Kabupaten
Kudus Tahun 2017. Prosiding Hefa, 1, 382-388
Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
___________. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta
___________. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
___________. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Ningsih, Restuastuti, & Endriani. (2016). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Menyikat
Gigi pada Siswa-Siswi dalam Mencegah Karies di SDN 005 Bukit Kapur Dumai.
Jurnal Jom FK, 3, 1-11
Novita, S. 2013. Pengaruh Pendidikan Storytelling dalam Pendidikan PersonalHygiene
terhadap Kepatuhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Anak Usia Sekolah di
SDN I Sumerta Denpasar Timur. Denpasar
Pratiwi, D. 2016. Pengaruh Metode Storytelling terhadap Perilaku Menggosok Gigi di TK
Dharmawanita IV Banjar Sengon Kabupaten Jember
Prihmantoro, Rosita & Yunitasari. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi dengan
Metode Bercerita terhadap Perilaku Menggosok Gigi pada Anak Prasekolah.
Jurnal Global Health Science, 2, 103-110
Pusari & Karmila. 2013. Peningkatan Kompetensi Bercerita bagi Pendidik PAUD se
Kecamatan Tembalang
Puskesmas Biaro. 2016. Laporan Pelayanan Gigi dan Mulut Puskesmas Biaro
Sophiani, P. 2008. Peran Storytelling sebagai Sarana Promosi Perpustakaan TK/SD Al
Izhar Pondok Labu Jakarta. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Sukanto, S. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tandilangi, Mintjelungan & Wowor. 2016. Efektivitas Dental Health Education dengan
Media Animasi Kartun terhadap Perubahan Perilaku Kesehatan Gigi dan Mulut
Siswa SD Advent 02 Sario Manado. Jurnal e-Gigi (eG), 4, 106-110
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i12.1235
Article Metrics
Sari view : 377 timesPDF - 990 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.