PERBEDAAN PERILAKU MENYIKAT GIGI SISWA DALAM KESEHATAN GIGI DENGAN METODE STORYTELLING DI SDN 13 PARIT PUTUS KABUPATEN AGAM TAHUN 2018

Harisnal Harisnal

Sari


According to World Health Organization (WHO), 90% of school-aged children in the world have
caries in their teeth. Caries is caused by plaque and it can only be cleaned by brushing. The
correct technique of brushing behavior is based on the knowledge of the children. One of the
methods that can be used in dental health education is storytelling. The purpose of this research is
to know the difference of students tooth brushing behavior toward dental health education by
storytelling method at SDN 13 Parit Putus Agam Regency. Pre-experimental research design had
been used as the design of this research with one group pretest posttest design with three
treatments. The samples of this research were 20 people. It can be gotten from non-probability
technique that was saturated sampling. The results of this research showed that the average
behavior of tooth brushing students before being given dental health education trough storytelling
method was 38.00. Meanwhile, after applying this method the average was around 45.15 with p
value = 0.000. Of the three domains studied, the most significant change was knowledge, is after
two treatments, while the attitude domain on the third treatment and action domain had not shown
a very significant difference after three treatments. In conclusion, there is significant difference
between tooth brushing behaviors on students before and after given dental health education by
storytelling method. It is suggested to health workers to apply this method in providing dental
health education to children in the school.
Keywords : Storytelling, Brushing Behavior


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abiyoga, Arifin & Norlita. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode

Storytelling (Bercerita) dalam Personal Hygiene terhadap Hygienitas Kuku pada

Anak Usia Sekolah. Jurnal Darul Azhar, 4, 71-80

Afifah (2017). Pengaruh Metode Storytelling terhadap Perilaku Menggosok Gigi Siswa

SD Banyuripan Kelas IV Dan V Bangunjiwo Kasihan Bantul.

Asy’ariyah, Arif & Krisnana. 2015. Storytelling sebagai Upaya Meningkatkan Konsumsi

Sayur.Jurnal Pediomaternal, 4, 73-82

Azwar, S. 2011. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gopdianto, Ratu & Mariati. 2015. Status Kebersihan Mulut dan Perilaku Menyikat Gigi

Anak SD Negeri 1 Malalayang. Jurnal e-Gigi (eG), 3, 130-138

Hestiani, Yuniar & Erawan. 2017. Efektivitas Metode Demonstrasi (Sikat Gigi) terhadap

Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan terkait pencegahan Karies Gigi

pada Siswa Kelas IV dan V di Kecamatan Ranteangin Kabupaten Kolaka Utara

Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2, 1-10

Kantohe, Wowor, & Gunawan. (2016). Perbandingan Efektivitas Pendidikan Kesehatan

Gigi Menggunakan Media Video dan Flipchart terhadap Peningkatan Pengetahuan

Kesehatan Gigi dan Mulut Anak. Jurnal e-Gigi (eG), 4, 96-101

Kementerian Kesehatan RI, 2013. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Badan Penelitian

dan Pengembangan Kesehatan

Listuayu. Pengaruh Storytelling terhadap Motivasi untuk Melakukan Personal Hygiene

pada Anak Usia Prasekolah di TK Mandala Kumara Denpasar

Magfirah, Widodo, Rachmadi. 2014.Efektivitas Menyikat Gigi Disertai Dental Floss

terhadap Penurunan Indeks Plak. Jurnal Kedokteran Gigi Dentino, 2, 56-59

Mawaddah, S. 2017. Pengaruh Storytelling Video terhadap Perilaku Gosok Gigi pada

Anak Usia Sekolah Dasar di MI Mu’awanah Muslimin Samirejo Dawe Kabupaten

Kudus Tahun 2017. Prosiding Hefa, 1, 382-388

Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

___________. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta

___________. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

___________. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Ningsih, Restuastuti, & Endriani. (2016). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Menyikat

Gigi pada Siswa-Siswi dalam Mencegah Karies di SDN 005 Bukit Kapur Dumai.

Jurnal Jom FK, 3, 1-11

Novita, S. 2013. Pengaruh Pendidikan Storytelling dalam Pendidikan PersonalHygiene

terhadap Kepatuhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Anak Usia Sekolah di

SDN I Sumerta Denpasar Timur. Denpasar

Pratiwi, D. 2016. Pengaruh Metode Storytelling terhadap Perilaku Menggosok Gigi di TK

Dharmawanita IV Banjar Sengon Kabupaten Jember

Prihmantoro, Rosita & Yunitasari. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi dengan

Metode Bercerita terhadap Perilaku Menggosok Gigi pada Anak Prasekolah.

Jurnal Global Health Science, 2, 103-110

Pusari & Karmila. 2013. Peningkatan Kompetensi Bercerita bagi Pendidik PAUD se

Kecamatan Tembalang

Puskesmas Biaro. 2016. Laporan Pelayanan Gigi dan Mulut Puskesmas Biaro

Sophiani, P. 2008. Peran Storytelling sebagai Sarana Promosi Perpustakaan TK/SD Al

Izhar Pondok Labu Jakarta. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Sukanto, S. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tandilangi, Mintjelungan & Wowor. 2016. Efektivitas Dental Health Education dengan

Media Animasi Kartun terhadap Perubahan Perilaku Kesehatan Gigi dan Mulut

Siswa SD Advent 02 Sario Manado. Jurnal e-Gigi (eG), 4, 106-110




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i12.1235

Article Metrics

Sari view : 377 times
PDF - 990 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.