KINERJA BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH DAN WOM (WORD OF MOUTH) SEBAGAI MODERATING VARIABLE PADA MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN SALMA DI KABUPATEN SIAK
Sari
This research aims to analyze performance of educational services marketing mix
towards student’s choices decision, and word of mouth communication on Salma’s
midwifery academy students at Siak regency.
The number of research samples are all students, 85 by census method. Then, datas
collecting through questionnaires direct spreading by using a Likert scale. Analytical datas
method in this research using two stages regression through reliable statistical measured
by SPSS version 20 software.
Research result shows that independent variables, educational services marketing
mix which consist of product, promotion, place, people, process, and physical evidence
having significant influence and positive towards student’s choices decision, except price
variable which having no significant influence, only positive, and WOM (Word of Mouth)
communication having significant influence and positive towards relation of student’s
choices decision, and marketing mix, means WOM (Word of Mouth) communication which
was effect of best higher education services value is expected to intensify student
preference to study at Salma’s midwifery academy.
Keywords : Educational Services Marketing Mix, Student’s Choices Decision, Word of
Mouth.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Algifari, 2013, Statistik Induktif: untuk ekonomi dan bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu
Manajamen YKPN, Yogyakarta
Ali Hasan, 2013, Marketing, CAPS, Yogyakarta
Alma, Buchari, 2007, Manajemen pemasaran dan pemasaran Jasa. Bandung : CV.
Alfabeta.
Ariola et al., 2006, Principles and Methods of Research, Rex Book Store Inc, Manila
Asmani, Jamal Ma’mur. 2009, Manajemen Strategi Perguruan Tinggi, Diva Press,
Yogyakarta
Engkoswara dan Komariah, Aan, 2010, Administrasi Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Engel F, James, Blackwell, D. Roger, Miniard w Paul, 1995, Prilaku Konsumen
(terjemahan), Binarupa Aksara, Jakarta.
Ghozali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19 (edisi
kelima), Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Hurriyati Ratih, Dr., M.Si., 2009, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta
CV, Jakarta
Husein, Umar, 2007, Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, PT
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Husein, Umar, 2006, Riset Sumber Daya Manusia dalam organisasi, cetakan ketiga,
PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Indriantoro,Supomo, 2011, Metodologi Penelitian bisnis untuk Akuntansi dan
Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta
Kotler, Philip. (2009), Manajemen pemasaran, Edisi Milenium Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip, et.al, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Keduabelas, Penerbit
Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip, Keller, 2009, Manajemen Pemasaran 1, Edisi Ketigabelas, Penerbit
Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip, et.al, 2009, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan,
Implementasi dan Pengendalian, Jilid 1, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Kotler, Philip. (2012), Marketing Management, Fourteenth Edition, New Jersey: Prentice
Hall International.
Nazir, Moh, 2013, Metode Penelitian, Cetakan Ketiga, Balai Aksara, Jakarta
Rahmawati, Ayu Kartika dan Dian Taurina, 2011, Analisis Pengaruh Advertising dan
WOM Terhadap Brand Image yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian.
Rambat Lupiyoadi, A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta:
Salemba Empat
Riduwan dan Kuncoro, Engkos Achmad. 2008, Cara Menggunakan dan Memakai Analisis
Jalur. Bandung: Alfabeta.
Saladin, H. Djaslim. (2007). Intisari Pemasaran & Unsur-Unsur Pemasaran Ringkasan
Praktis Teori dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya.
Saladin, H, Djaslim. (2006). Manajemen pemasaran, Edisi Keempat, Bandung: Linda
Karya.
Santoso, Singgih, 2007, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, PT. Elex Media
Komputindo Gramedia, Jakarta.
Schiffman dan Kanuk, 2010, Consumer Behaviour, International Edition, Prentice Hall.
Sucherly. Peranan Manajemen Pemasaran Stratejik dalam Menciptkan Keunggulan
Posisional serta Implikasinya Terhadap Kinerja Organisasi Bisnis dan Non Bisnis; Pidato
Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Ekonomi pada FE UNPAD, Bandung. 2003
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung
Suhartono, K.P, 2010, Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan.
Supranto, J, 2008, Statistik: Teori dan Aplikasi jilid 1 dan 2, Edisi Ketujuh, Erlangga,
Jakarta
Tjiptono, Fandy (2007), Pemasaran Jasa, Bayu Media, Malang
Walizer, H.Michael dan Wiener, L. Paul. 2006. Metode dan Analisis Penelitian : Mencari
Hubungan, Alih Bahasa Arief Sukadi Sadiman, Erlangga, Jakarta.
Zeithaml, Valarie A., and Mary Jo, Bitner. 2006. Services Marketing: Integrating
Customer Focus Across The Firm, Third Edition. North America.
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i3.1217
Article Metrics
Sari view : 138 timesPDF - 505 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.