KINERJA BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH DAN WOM (WORD OF MOUTH) SEBAGAI MODERATING VARIABLE PADA MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN SALMA DI KABUPATEN SIAK

Imran, Ervinawati

Sari


This research aims to analyze performance of educational services marketing mix
towards student’s choices decision, and word of mouth communication on Salma’s
midwifery academy students at Siak regency.
The number of research samples are all students, 85 by census method. Then, datas
collecting through questionnaires direct spreading by using a Likert scale. Analytical datas
method in this research using two stages regression through reliable statistical measured
by SPSS version 20 software.
Research result shows that independent variables, educational services marketing
mix which consist of product, promotion, place, people, process, and physical evidence
having significant influence and positive towards student’s choices decision, except price
variable which having no significant influence, only positive, and WOM (Word of Mouth)
communication having significant influence and positive towards relation of student’s
choices decision, and marketing mix, means WOM (Word of Mouth) communication which
was effect of best higher education services value is expected to intensify student
preference to study at Salma’s midwifery academy.
Keywords : Educational Services Marketing Mix, Student’s Choices Decision, Word of
Mouth.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Algifari, 2013, Statistik Induktif: untuk ekonomi dan bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu

Manajamen YKPN, Yogyakarta

Ali Hasan, 2013, Marketing, CAPS, Yogyakarta

Alma, Buchari, 2007, Manajemen pemasaran dan pemasaran Jasa. Bandung : CV.

Alfabeta.

Ariola et al., 2006, Principles and Methods of Research, Rex Book Store Inc, Manila

Asmani, Jamal Ma’mur. 2009, Manajemen Strategi Perguruan Tinggi, Diva Press,

Yogyakarta

Engkoswara dan Komariah, Aan, 2010, Administrasi Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Engel F, James, Blackwell, D. Roger, Miniard w Paul, 1995, Prilaku Konsumen

(terjemahan), Binarupa Aksara, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19 (edisi

kelima), Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Hurriyati Ratih, Dr., M.Si., 2009, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta

CV, Jakarta

Husein, Umar, 2007, Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, PT

Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Husein, Umar, 2006, Riset Sumber Daya Manusia dalam organisasi, cetakan ketiga,

PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Indriantoro,Supomo, 2011, Metodologi Penelitian bisnis untuk Akuntansi dan

Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta

Kotler, Philip. (2009), Manajemen pemasaran, Edisi Milenium Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip, et.al, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Keduabelas, Penerbit

Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, Keller, 2009, Manajemen Pemasaran 1, Edisi Ketigabelas, Penerbit

Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, et.al, 2009, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan,

Implementasi dan Pengendalian, Jilid 1, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Kotler, Philip. (2012), Marketing Management, Fourteenth Edition, New Jersey: Prentice

Hall International.

Nazir, Moh, 2013, Metode Penelitian, Cetakan Ketiga, Balai Aksara, Jakarta

Rahmawati, Ayu Kartika dan Dian Taurina, 2011, Analisis Pengaruh Advertising dan

WOM Terhadap Brand Image yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian.

Rambat Lupiyoadi, A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta:

Salemba Empat

Riduwan dan Kuncoro, Engkos Achmad. 2008, Cara Menggunakan dan Memakai Analisis

Jalur. Bandung: Alfabeta.

Saladin, H. Djaslim. (2007). Intisari Pemasaran & Unsur-Unsur Pemasaran Ringkasan

Praktis Teori dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya.

Saladin, H, Djaslim. (2006). Manajemen pemasaran, Edisi Keempat, Bandung: Linda

Karya.

Santoso, Singgih, 2007, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, PT. Elex Media

Komputindo Gramedia, Jakarta.

Schiffman dan Kanuk, 2010, Consumer Behaviour, International Edition, Prentice Hall.

Sucherly. Peranan Manajemen Pemasaran Stratejik dalam Menciptkan Keunggulan

Posisional serta Implikasinya Terhadap Kinerja Organisasi Bisnis dan Non Bisnis; Pidato

Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Ekonomi pada FE UNPAD, Bandung. 2003

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung

Suhartono, K.P, 2010, Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan.

Supranto, J, 2008, Statistik: Teori dan Aplikasi jilid 1 dan 2, Edisi Ketujuh, Erlangga,

Jakarta

Tjiptono, Fandy (2007), Pemasaran Jasa, Bayu Media, Malang

Walizer, H.Michael dan Wiener, L. Paul. 2006. Metode dan Analisis Penelitian : Mencari

Hubungan, Alih Bahasa Arief Sukadi Sadiman, Erlangga, Jakarta.

Zeithaml, Valarie A., and Mary Jo, Bitner. 2006. Services Marketing: Integrating

Customer Focus Across The Firm, Third Edition. North America.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i3.1217

Article Metrics

Sari view : 138 times
PDF - 505 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.