PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) MELALUIPENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DIGUGUS IV LUBUK BATINGKOK KECAMATAN HARAU

Ramadani Ramadani

Sari


Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dengan latarbelakang masih banyak
guru taman kanak-kanak yang tidak mempunyai rencana pelakasanaan pembelajaran
harian( RPPH), masih ada guru taman kanak-kanak sudah membuat RPPH tapi belum
lengkap komponennya, seperti tujuan pembelajaran, indikator, dan penilaian, serta
langkah-langkah kegiatan masih dangkal. Guru jarang sekali mendapat pelatihan cara
membuat RPPH sehingga menyebabkan guru belum memahami cara penyusunan RPPH
secara lengkap.
Sabjek Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah guru taman kanak-kanak di gugus
IV Lubuk Batingkok kecamatan Harau pada tahun 2016 yang berjumlah 8 orang.
Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan teknik analisis data yang
digunakan adalah persentase dengan tabel serta penelitian ini dilakukan dua siklus.
Hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan profesional guru taman kanakkanak
dalam menyusun RPPH melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan digugus
IV Lubuk Batingkok kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru
taman kanak-kanak dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Pada
siklus satu dari 8 orang guru terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran harian sebesar 37,5% dan pada siklus dua sebesar
87,5% itu berarti terjadi peningkatan kemampuan guru dari siklus satu ke siklus dua
sebanyak 50%. Ini membuktikan bahwa pengembangan profesi berkelanjutan dapat
meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPPH. Pembinaan dilanjutkan pada
kemampuan guru yang lainnya sehingga guru semakin kompeten dalam menyusun
administrasinya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Nanang Priatna. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum : PT. Remaja Rosda Karya.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian. Bandung : CV.Alfabeta

Soetjipto dan Kosasi. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sagala, Syaiful. 2009 Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung :

Alfabeta

Wahyuni. 2015. Penyusunan Perencanaan Pembelanjaran Pendidikan Anak Usia Dini.

Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i2.1196

Article Metrics

Sari view : 115 times
PDF - 483 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.