PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS NOS (NATURE OF SCIENCE) PADA SISWA XI MIPA2 SMA NEGERI 1 SAWAHLUNTO
Sari
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran berbasis NOS (Nature of Science). Subjek
penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sawahlunto kelas XI MIPA 2 semester 1 tahun pelajaran
2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran berbasis NOS (Nature of Science)
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Dari hasil observasi 12 indikator aktivitas belajar, diperoleh rerata pada siklus I 69,56%
meningkat pada siklus II dengan rerata 81,13%, berarti mengalami peningkatan 11,57%. Hasil
belajar yang diperoleh dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I 86,21% pada siklus II menjadi
93,10 meningkat 6,21. Begitu juga dengan rerata nilai tugas, lembar kerja siswa dan tes pada siklus
I 93,11% meningkat pada siklus II menjadi 96,55%, berarti meningkat 3,44.
Kata Kunci: Peningkatan Aktivitas, Hasil belajar, Pembelajaran berbasis NoS (Nature of Science).
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi, (1999), Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Basyiruddin Usman, (2002), Media Pembelajaran, Delia Citra Utama, Jakarta.
Budiman, Rudy, (2003). Teknologi Pendidikan. Depdiknas. PPPG. Bandung
Depdiknas,2003, Pendekatan Kontektual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta
Depdiknas,2007, Pengembangan bahan ajar dan bahan ujian berbasis Teknologi Informasi dan
Teknologi. Jakarta
Depdiknas,2013, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, JakartaDePorter, Bobbi dan Mike
Hernacki. 2002. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan.
Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Edisi 1. Bandung: Kaifa
DePorter, Bobbi. 2002. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Ruang
Kelas. Penerjemah, Ary Nilandari. Edisi 1. Cetakan ke-10. Bandung: Kaifa
Gordon. dan Jeannette Vos. 2002. Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution): Belajar Akan
Efektif Kalau Anda Dalam Keadaan “Fun” Bagian I: Keajaiban Pikiran. Penerjemah:
Ahmad Baiquni. Bandung: Kaifa
Hadi, Sutrisno, 1983, Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.
Nurhadi dkk, (2004), Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Universitas
Negeri Malang, Malang.
Sardiman, A.M, 2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Persada.
Silberman, Mel. (1996). Active Learning : 101 Strategies to Teach Any subject. USA : Bacon &
Temple
Sudjana, Nama, 1989, Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i2.1189
Article Metrics
Sari view : 184 timesPDF - 131 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.