EVALUASI INDIKATOR PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS PADANG
Sari
Pendidikan merupakan suatu proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku
yang berlaku dalam masyarakat. Proses dimana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terpimpin
khususnya didalam lingkungan kampus sehingga dapat mencapai kecakapan social dan dapat
mengembangkan kepribadiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh
perilaku belajar, motivasi belajar dan lingkungan keluarga serta locus of control yang terhadap prestasi
belajar mahasiswa di perguruan tinggi.Populasi yang diambil adalah mahasiswa aktif Universitas Dharma
Andalas Kota Padang.Sampel dengan teknik pengambilan sampel kluster berjumlah 292 mahasiswa/i. Hasil
yang diperoleh adalah terdapatnya hubungan signifikan perilaku belajar, motivasi belajar dan lingkungan
keluarga serta locus of control yang terhadap prestasi belajar mahasiswa.Diperoleh dua factor untuk
perilaku belajar, motivasi belajar, lingkungan keluarga serta locus of control.Terakhir adalah terdapat tiga
rekomendasi yang diberikan agar mahasiswa berprestasi, yaitu rekomendasi dari diri mahasiswa itu sendiri
melalui perilaku belajar yang tepat dan benar dan juga rekomendasi bagi lingkungan kampus dan
lingkungan keluarga agar memberikan motivasi dan mendukung mahasiswa dalam menyelesaikan
pendidikannya di perguruan tinggi.
Kata kunci : perilaku belajar, motivasi belajar, lingkungan keluarga, prestasi belajar, locus of control
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardianto, Hendy.,& Suparji. (2014). Pengaruh locus of control dan aktivitas belajar terhada prestasi belajar
ilmu statika dan tegangan pada siswa SMKN 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan
Vol 3 Nomer 1/JKPTB/14 (2014) : 50– 58
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta Djamarah
Dalyono, 2009. Psikologi Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta : PT Rineka Cipta
Fitransyah L, Andy. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. UPN Veteran Jawa Timur
Griffin dan Moorhead. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat
Hamalik. Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara
Hasibuan, Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya
Hastuti, A.D. (2007). Korelasi antara minat belajar Bahasa Perancis dengan Prestasi Belajar Bahasa Perancis
Siswa Program Bahasa Kelas XI SMA 1 Sukorejo.
Hastini, L.Y., Mariyanti, E., & Mustika, M.S. (2017).Pengaruh Locus of Control dan Kepribadian Proaktif
terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Dharma Andalas). Jamika
Jurnal Manajemen Informatika, No 13 Vol 1 Edisi April 2017. ISSN 2088 – 4125. Bandung
Ihsan, Fuad, 2003. Dasar- dasar Kependidikan MKDK. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Naibaho Hastuti, Adi Firmanto, Sugiarto dan Veryco. 2010.Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 5, No 1, April
: 22-26
Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta
Nongtdu, Samayalangki., Bhutia, Yodida (2017). Locus of Control in Relation to Academic Achievement of
College Students in Meghalaya. 4th International Conference on Multidisciplinary Research &
Practice (4ICMRP-2017)
Omar, Mohaffyza, and Nazura P. 2015. Dimension of Learning Styles and Student’s Academic
Achievement”. Procedia Social Behaviour Science, 204 (2015) : 172-182
Purwanto, N, 2011. Psikologi Pendidikan (Cetakan Ke – 24). Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Robbins, Stephens. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat
Robinson,John P, Shaver,Philip R, Wrightsman,Lawrence S, 1991, Measures of Personality and Social
Psychological Attitudes,Academic Press, Inc: San Diego, California
Sardiman, AM. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, Riski IP. 2013. Analisis Pengaruh Proses Belajar Mengajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Belajar
Kampus terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi : FEB Universitas Diponegoro.
Saroni, Muhammad. 2006. Manajemen Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sudaryono, Arief dan Bharata. 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi dan
Manajemen. Maret. STIE YKPN. Yogyakarta.
Sugiyono., 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, N. Syaodih (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Dalam Ali, M., Ibrahim R,. Sukmadinata,
N.S., dan Rasjidin, W. (Penyunting). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan : Handbook ok. Bandung : Fifupi
Press, Halaman 441 sampai 476
Tim Penyusun. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Penerbit Andi
Wulandari. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar dan Model Pembelajaran Konstruktivisme
Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif
Hidayatullah Jakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 4 No. 1, April 2014
Widyaninggar, Anggi Ajeng, 2014. Pengaruh efikasi diri dan lokus kendali (locus of control) terhadap
prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif 4(2): 89-99, 2014 ISSN: 2088-351X
UUD 1945 Pasal 31 Ayat (1)
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i1.1170
Article Metrics
Sari view : 1892 timesPDF - 3166 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.