EVALUASI INDIKATOR PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS PADANG

Prima Yulianti, Drs. Imran Agus, Lasti Yossi Hastini

Sari


Pendidikan merupakan suatu proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku
yang berlaku dalam masyarakat. Proses dimana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terpimpin
khususnya didalam lingkungan kampus sehingga dapat mencapai kecakapan social dan dapat
mengembangkan kepribadiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh
perilaku belajar, motivasi belajar dan lingkungan keluarga serta locus of control yang terhadap prestasi
belajar mahasiswa di perguruan tinggi.Populasi yang diambil adalah mahasiswa aktif Universitas Dharma
Andalas Kota Padang.Sampel dengan teknik pengambilan sampel kluster berjumlah 292 mahasiswa/i. Hasil
yang diperoleh adalah terdapatnya hubungan signifikan perilaku belajar, motivasi belajar dan lingkungan
keluarga serta locus of control yang terhadap prestasi belajar mahasiswa.Diperoleh dua factor untuk
perilaku belajar, motivasi belajar, lingkungan keluarga serta locus of control.Terakhir adalah terdapat tiga
rekomendasi yang diberikan agar mahasiswa berprestasi, yaitu rekomendasi dari diri mahasiswa itu sendiri
melalui perilaku belajar yang tepat dan benar dan juga rekomendasi bagi lingkungan kampus dan
lingkungan keluarga agar memberikan motivasi dan mendukung mahasiswa dalam menyelesaikan
pendidikannya di perguruan tinggi.
Kata kunci : perilaku belajar, motivasi belajar, lingkungan keluarga, prestasi belajar, locus of control


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, Hendy.,& Suparji. (2014). Pengaruh locus of control dan aktivitas belajar terhada prestasi belajar

ilmu statika dan tegangan pada siswa SMKN 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan

Vol 3 Nomer 1/JKPTB/14 (2014) : 50– 58

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta Djamarah

Dalyono, 2009. Psikologi Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta : PT Rineka Cipta

Fitransyah L, Andy. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. UPN Veteran Jawa Timur

Griffin dan Moorhead. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat

Hamalik. Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara

Hasibuan, Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya

Hastuti, A.D. (2007). Korelasi antara minat belajar Bahasa Perancis dengan Prestasi Belajar Bahasa Perancis

Siswa Program Bahasa Kelas XI SMA 1 Sukorejo.

Hastini, L.Y., Mariyanti, E., & Mustika, M.S. (2017).Pengaruh Locus of Control dan Kepribadian Proaktif

terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Dharma Andalas). Jamika

Jurnal Manajemen Informatika, No 13 Vol 1 Edisi April 2017. ISSN 2088 – 4125. Bandung

Ihsan, Fuad, 2003. Dasar- dasar Kependidikan MKDK. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Naibaho Hastuti, Adi Firmanto, Sugiarto dan Veryco. 2010.Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 5, No 1, April

: 22-26

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Nongtdu, Samayalangki., Bhutia, Yodida (2017). Locus of Control in Relation to Academic Achievement of

College Students in Meghalaya. 4th International Conference on Multidisciplinary Research &

Practice (4ICMRP-2017)

Omar, Mohaffyza, and Nazura P. 2015. Dimension of Learning Styles and Student’s Academic

Achievement”. Procedia Social Behaviour Science, 204 (2015) : 172-182

Purwanto, N, 2011. Psikologi Pendidikan (Cetakan Ke – 24). Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Robbins, Stephens. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat

Robinson,John P, Shaver,Philip R, Wrightsman,Lawrence S, 1991, Measures of Personality and Social

Psychological Attitudes,Academic Press, Inc: San Diego, California

Sardiman, AM. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, Riski IP. 2013. Analisis Pengaruh Proses Belajar Mengajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Belajar

Kampus terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi : FEB Universitas Diponegoro.

Saroni, Muhammad. 2006. Manajemen Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Sudaryono, Arief dan Bharata. 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi dan

Manajemen. Maret. STIE YKPN. Yogyakarta.

Sugiyono., 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, N. Syaodih (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Dalam Ali, M., Ibrahim R,. Sukmadinata,

N.S., dan Rasjidin, W. (Penyunting). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan : Handbook ok. Bandung : Fifupi

Press, Halaman 441 sampai 476

Tim Penyusun. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Penerbit Andi

Wulandari. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar dan Model Pembelajaran Konstruktivisme

Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif

Hidayatullah Jakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 4 No. 1, April 2014

Widyaninggar, Anggi Ajeng, 2014. Pengaruh efikasi diri dan lokus kendali (locus of control) terhadap

prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif 4(2): 89-99, 2014 ISSN: 2088-351X

UUD 1945 Pasal 31 Ayat (1)




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i1.1170

Article Metrics

Sari view : 1892 times
PDF - 3166 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.