PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATERI METABOLISME DI KELAS XII IA.A SMA N 1 SEBERIDA
Sari
Pembelajaran biologi, khususnya konsep Metabolisme sampai sekarang masih menjadi
momok yang menakutkan bagi siswa, konsep ini sering dianggap sebagai materi pelajaran yang
sangat sulit.Untuk mengantasi masalah tersebut penulis menggunakan metode pembelajaran
kooperatif tipe Cooperative Script, menurut peneliti metode tersebut akan mampu merubah imej
siswa akan sulitnya materi tersebut. Dalam kegiatan ini aktivitas dan hasil belajar siswa
meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama empat siklus dilakukan terjadi
peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus pertama 71 % ,
meningkat pada siklus II menjadi 85 % dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 90 % dan pada
siklus IV menjadi 97 %. Sedangkan hasil belajar/postes siswa dari siklus I sampai siklus IV juga
meningkat yaitu 53% pada siklus I, meningkat menjadi 67% pada siklus II, 75% pada siklus III
dan 87% pada siklus IV Peningkatan juga terjadi pada hasil ulangan harian siswa dengan ratarata
78,94 dan ketuntasan klasikal 93,75%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode
Cooperative Script sangat efisien dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Biologi di kelas XII.IAA SMA N 1 Seberida Tahun Pelajaran 2016/2017 .
Kata Kunci :Cooperative Script, Hasil Belajar, Metabolisme
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Depdikbud, 1995. Petunjuk Pelaksanaan Belajar mengajar. Depdikbud, Jakarta.
Diniati dkk, 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung . Yrama Widya.
Dimyati dan Mujiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta. Rineka Cipta.
Iskandar, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta. GP Press.
Kusumah, Wijaya. Dwitagama, Dedi, 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta. Indeks.
Muslich, Masnur, 2009. Melaksanakan PTK ( Classroom Action Research ) itu Mudah, Jakarta.
Bumi Aksara.
Sarah, 2008. Quantum Teaching, Bandung. Kaifa.
Sudjana, 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT.Remaja Rosdakarya, Bandung.
Susilo, 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta. Pustaka Book Publisher.
Yamin, Martinis, 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik, Jakarta . GP Press.
Yamin, Martinis, Ansari, Bansu I, 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa,
Jakarta. GP Press.
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i10.1029
Article Metrics
Sari view : 146 timesPDF - 193 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.