PENGARUH KOMITMEN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA DOSEN UMSB
Sari
Kehadiran staf pengajar sebagai insan pendidikan di lingkungan kerjanya dengan
tetap berperan aktif mengajar dan melakukan segala kegiatan yang berhu-bungan dengan
profesinya menunjukkan bahwa staf pengajar yang bersangkutan memiliki semangat kerja
yang baik, namun kenyataan yang ditemui dilapangan ada beberapa orang karyawan yang
kurang bersemangat dalam mengajar dalam hal ini sering tidak hadir ke kampus. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh komitmen kerja terhadap semangat
kerja dosen, (2) pengaruh disiplin terhadap semangat kerja dosen, (3) pengaruh secara
bersama-sama komitmen dan disiplin terhadap semangat kerja disen Universitas
Muhammadiyah Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional,
penelitian ini akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, teknik
pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan menggunakan skala Likert. Teknik
analisis data menggunakan data deskripsi, pengujian persyaratan analisis dan pengujian
hipotesis. Hasil penelitian mengambarkan bahwa semangat kerja guru termasuk kategori
cukup, komitmen kerja termasuk kategori cukup baik dan disiplin kerja termasuk kategori
cukup. Hipotesis mengambarkan bahwa komitmen kerja berpengaruh terhadap semangat
kerja dosen, disiplin kerja berpengaruh terhadap semangat kerja dosen dan komitmen kerja
dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap semangat kerja dosen
UMSB.
Kata Kunci: Semangat Kerja, Komitmen, Disiplin Kerja
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Irianto. 2004. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta:Prenada Media
Agus Dharma. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Bafadal Ibrahim. 2004.Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta:Bumi
Aksara
Berliner, David. 2000. Educational Reform in an Era of Disinformation.
(http://www.olam.asu.edu/epaa/v1n2.html).
Danim, Sudarman 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok.Jakarta:
Rineka Cipta
Fachruddin Saudagar, Ali Indrus. 2009. Pengembangan Profesionalisme Guru.
Jakarta:Gaung Persada Press
Hani, Handoko. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:BPFE
Hasibuan, Melayu. S.P. 2000. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto, M. Ngalim, dkk. 1998. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara Sumber
Widya
Purwanto .2004. Teknik Supervisi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Rivai, Viethzal. 2004. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo
Persada
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i10.1013
Article Metrics
Sari view : 220 timesPDF - 619 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.