Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Menara Ilmu?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN BAGI PENULIS

MENARA Ilmu

  1. Tulisan merupakan hasil penelitian atau kajian yang bersifat analisis kritis dibidang Eksakta, Sosial/Pendidikan dan Agama Islam yang belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dan diketik pada kertas HVS ukuran kwarto (28 x 21.5 cm) dengan jarak 1 (satu) spasi. Margins kiri 3,2 cm, sedangkan atas, bawah dan kanan 3 cm. Panjang tulisan berkisar maksimal 12 halaman (termasuk daftar pustaka).
  3. Foto, grafik dan tabel di format ke bentuk hitam putih (tidak berwarna).
  4. Pengetikan naskah dengan komputer dengan file program yang berbasis WINDOWS (Microsoft Word min 2007).
  5. Naskah ditulis dan diketik dengan tata aturan sebagai berikut.
  6. Naskah dikirim ke Alamat redaksi sebanyak 2 (dua) rangkap dan disertai disket paling lambat diterima satu bulan sebelum bulan penerbitan, foto yang dikirim adalah foto asli (bukan fotocopy)
  7. Naskah yang diterima redaksi akan direvisi jika terdapat perbaikan/kesalahan akan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki.
  8. Naskah yang tidak dimuat akan dikembalikan bila menyatakan perangko pengembalian.
  9. Penulis yang naskahnya diterbitkan akan mendapatkan (gratis) 1 (satu) eksemplar MENARA Ilmu.
  1. Judul, harus singkat dan jelas, ditulis dengan Bahasa Indonesia dan Inggris, panjang judul seyogyanya tidak melebihi 23 kata.
  2. Nama Penulis, dicantum tanpa menyebut gelar, dibawah nama penulis dicantumkan catatan tentang profesi dan instansi tempat bekerja.
  3. Abstrak, merupakan uraian singkat tentang isi tulisan, abstrak di tulis dalam Bahasa Indonesia/dan Ingris, panjang maksimal 250 kata dan memuat kata kunci
  4. Pendahuluan, berupa latar belakang, alasan pentingnya dilakukan penelitian atau hipotesis yang mendasari, pendekatan umum dan tujuan diadakannya penelitian serta kajian pustaka yang relevan.
  5. Metodologi, secara cukup jelas menguraikan waktu dan tempat penelitian/lingkungan penelitian, bahan dan alat yang digunakan, teknik dan rancangan percobaan serta metode analisis data yang dipergunakan.
  6. Hasil dan Pembahasan, dikemukakan secara jelas, bila perlu disertai dengan tabel dan ilustrasi (grafik, diagram, gambar) dan foto. Informasi yang telah dijelaskan dalam tabel tidak perlu diulangi dengan teks. Pembahasan hendaknya memuat tentang hasil penelitian yang telah diperoleh, bagaimana penelitian dan memecahkan permasalahan, perbedaan dan persamaan dengan penelitian terdahulu serta kemungkinan pengembangannya.
  7. Kesimpulan dan saran, berisi hal-hal penting dari hasil dan pembahasan penelitian dan disajikan secara terpisah.
  8. Daftar Pustaka, mencantumkan semua pustaka berikut semua keterangan yang lazim dengan mengunakan tata cara penulisan pustaka sesuai kaidah/ketentuan yang berlaku.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.