METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HADIS BUKHARI DAN MUSLIM

Cintia Rinjani

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara komprehensif Metode Reward dan Punishment dalam Pendidikan Islam Perspektif Hadis Bukhari dan Muslim. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yang data-datanya bersumber dari bahan-bahan tertulis seperti buku, jurnal dan sebagainya. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan data-data yang diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi yang diambil dari hadis Bukhari dan hadis Muslim, buku-buku dan Syarah hadis Bukhari dan Muslim, buku pendidikan Islam dan buku penunjang lainnya.Hasil penelitian menunjukan bahwa metode reward dan punishment dalam pendidikan Islam perspektif hadis Bukhari dan Muslim, metode reward dalam pendidikan Islam perspektif hadist Bukhari yaitu berupa pujian, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah ketika memberikan pujian kepada Abu Hurairah yang bersemangat dalam bertanya dan mengumpulkan hadis dari Rasulullah. Dalam dunia pendidikan Islam guru bisa menerapkan reward berupa pujian ketika guru melihat ada tanda-tanda baik dan terpuji yang dilakukan oleh peserta didik maka guru bisa memberikan pujian kepada peserta didik sehingga ketika diberikan pujian peserta didik dapat lebih termotivasi dan bersemangat. Metode punishment dalam pendidikan Islam pesrpektif hadis Muslim yaitu, berupa teguran, Rasulullah pernah menegur sahabat yang melakukan kesalahan di depan Rasulullah dan para sahabat lainnya dengan cara yang lemah lembut sehingga sahabat tidak merasa tersinggung dan merasa malu, dalam pendidikan Islam guru bisa menerapkan hukuman verbal berupa teguran kepada peserta didik yang melakukan pelanggaran atau kesalahan seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah, sehingga peserta didik sadar dan tidak mengulangi kesalahannya.




DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v4i2.2918

Article Metrics

Abstract view : 931 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1516 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.