PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK TINGGAL KELAS (Studi Kasus di MTsN 10 Pesisir Selatan)

leni marlini

Abstract


Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya peserta didik tinggal kelas di kelas VIII MTsN 10 Pesisir Selatan. Dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah adalah “Bagaimana problematika peserta didik tinggal kelas di MTsN 10 Pesisir. Batasan masalahnya adalah probelmatika peserta didik tinggal kelas dari segu guru, segi peserta didik itu sendiri, segi sarana dan prasarana sekolah dan keluarga.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika peserta didik tinggal kelas dari segi guru, segi peserta didik itu sendiri, segi sarana dan prasarana dan keluarga.

Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Field Research yang bersifat Deskriptif yaitu menggambarkan penelitian sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan dengan menghubungkan berbagai objek sesuai dengan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik tinggal kelas,  guru, waka kesiswaan, waka sarana dan prasarana MTsN 10 Pesisir Selatan,  dan orangtua peserta didik tinggal kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Menganalisa data, penulis lakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian (display) data dan verifikasi data. Kemudian, untuk memperoleh keabsahan data penulis melakukan kegiatan triangulasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa, problematika peserta didik tinggal kelas dari segi guru adalah a) guru belum maksimal menggunakan metode bervariasi dalam pembelajaran. b) Kadang-kadang guru memperlihatkan sikap dan kepribadian kurang baik dalam hal bertutur kata karena situasi dan kondisi peserta didik tinggal kelas. c) Interaksi guru dengan peserta didik kurang maksimal karena peserta didik yang pasif. d) Motivasi guru terhadap peserta didik kurang mampu membuat peserta didik mengubah sikap dan tingkah lakunya e). Guru juga menanamkan nilai-nilai dan sikap baik terhadap peserta didik, namun kurang mampu diteladani oleh peserta didik tinggal kelas.. Problematika dari segi peserta didik itu sendiri adalah kurangnya memahami materi pelajaran, sikap peserta didik baik dalam kelas maupun di luar kelas kurang baik, dan kurangnya minat dan perhatian belajar peserta didik. Problematika dari segi sarana dan prasarana adalah media pembelajaran kurang lengkap, kurangnya kemampuan guru untuk menggunakan media teknologi sebagai media pembelajaran, dan lingkungan sekolah yang memberikan peluang bagi peserta didik keluar dari sekolah. Problematika dari segi keluarga adalah kurangnya peran orang tua terhadap belajar anak di rumah, kondisi ekonomi keluarga yang kurang mendukung, suasana rumah kurang baik, dan kurangnya peduli dan perhatian orang tua terhadap pendidikan anak baik di rumah maupun di sekolah.


References


DAFTAR KEPUSTAKAAN

Achmadi, CholidNarbukodan Abu, MetodologiPenelitian, Jakarta: Aksara, 2005

Afifuddin, MetodologiPenelitianKualitatif, Bandung: PustakaSetia, 2012

Ahmadi, Abu danDra.NurUhbiyati, IlmuPendidikan, Cetakanke II, Jakarta: RinekaCipta, 2006

Arikunto, Suharsimi, ManajemenPenelitian, Jakarta: RinekaCipta, 1990

, ProsedurPenelitian, Jakarta: RinekaCipta, 2002

Basri, Hasan, FilsafatPendidikan Islam, Bandung: PustakaSetia, 2009

Daradjat, Zakiah, dkk, IlmuPendidikan Islam, Jakarta: BumiAksara, 2014

Debdikbud, KamusBesarBahasa Indonesia, Jakarta: BulanBintang, 2002

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2005, Cet. ke 2

Hamalik, Oemar, PsikologiBelajardanMengajar, Bandung: SinarBaruAlgensindo, 2012

Hasan, M. Iqbal, Pokok-PokokMetodologiPenelitiandanAplikasinya, Jakarta: Gralia Indonesia, 2002

Irawan, Prasetya, LogikaKaryaIlmiah, Jakarta: BumiAksara, 2003

Iska, ZikriNeni, PengantarPemahamanDiridanLingkungan, Jakarta: KiziBrotheris

Jamaluddin, Dindin, MetodePendidikanAnak (TeoridanPraktik), Bandung: Pustaka Al-Fikriis, 2010

KeputusanMenteri Agama Republik Indonesia, Nomor 369 Tahun 1993, Tentang Madrasah Tsanawiyah Bab I, KetentuanUmumPasal 1

Kholizah, Nyanyu, PsikologiPendidikan, Jakarta: RajawaliPers, 2014

Mardaleni, KarakteristikSiswaTinggalKelas (StudiKasus di Madrasah TsanawiyahNegeriKubangPutihKabupatenAgam), Padang: UniversitasNegeri Padang, 2002

Mardanis, MetodologiPenelitianSuatuPendekatan Proposal, Jakarta: BumiAksara, 1995

Miles, TeknikAnalisa Data danPemaknaanHasilTemuan/UTCbWed/ 01 Februari 2015

Muhaimin, PemikiranPendidikan Islam, Bandung: TrigendaKarya, 1993

Mulyono, Abdulrrahman, PendidikanBagiAnakBerkesulitanBelajar, Jakarta: RinekaCipta, 2003

Nata, Abuddin, ManajemenPendidikan: MengatasiKelemahanPendidikan Islam di Indonesia,Jakarta: Kencana, 2003

, FilsafatPendidikan Islam, Jakarta: LogoiWacanaIlmu, 1997

Nawawi, HadaridanNini Martini, PenelitianTerapan, Yogyakarta: Gajah Mada, Univercity Press

Rajab, BedahVisidanMisi Madrasah TsanawiyahNegeri (MTsN) PancungSoal, 2014

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2011

Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran: Teoridan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana, 2011

, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008

Santrock, John W., Psikologi Pendidikan, Edisi Dua, Jakarta: Kencana, 2008

Sjarkawi, PembentukanKepribadianAnak (Peran Moral, Intelektual, danSosialSebagaiWujudIntegritasMembangunJatiDiri), Jakarta: BumiAksara, 2011

Slamet, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Sugiyono, MetodePenelitianPendidikanPendekatanKuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Afabeta, 2009

Sukmadinata, Nana Syaodih, MetodePenelitianPendidikan, Bandung: RemajaRosdakarya, 2009

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Syukir, Dasar-DasarStrategiDakwahIslami, Surabaya : Al-Ikhlas, 1983

Uhbiyati, Nur, Ilmupendidikan Islam, Bandung: PustakaSetia, 1998

Umar, Bukhari, IlmuPendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010

Yusuf, A. Muri, MetodologiPenelitian, (Dasar-dasarPenyelidikanIlmiah), Padang:UNP Press, 2005

Yusuf, Syamsu, LN, PsikologiPerkembaganAnakdanRemaja,Bandung:RemajaRosdakarya, 2001

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasional

http://ejournal-s1.stkip-pgri-sumbar.ac.id, Bertha Ivhone, Masalah yang DihadapiPesertaDidikTinggalKelas di SekolahDasar 05 LembahMelintangKabupatenPasaman Barat, (Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat), Akses 27 Maret 2015

Https://rumahbukuiqro.wordpress.com/2012/11/22/masalah-pendidikan-hilangnya-peran-keluarga-bagi-pendidikan/amp/, Akses, 25 Oktober 2017

http://ekplorasialam.blogspot.com/2016/12/masalah-masalah-belajar-dalam-kelas.html, Akses Agustus 2018

https://dosenmuslim.com/pendidikan/problematika-guru/, Akses Agustus 2018

https://dosenmuslim.com/pendidikan/problematika-guru/, Akses Agustus, 2018, hlm. 126 – 127




DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v1i2.1003

Article Metrics

Abstract view : 202 times
hal 66-79 (Bahasa Indonesia) - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.