PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK TINGGAL KELAS (Studi Kasus di MTsN 10 Pesisir Selatan)
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya peserta didik tinggal kelas di kelas VIII MTsN 10 Pesisir Selatan. Dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah adalah “Bagaimana problematika peserta didik tinggal kelas di MTsN 10 Pesisir. Batasan masalahnya adalah probelmatika peserta didik tinggal kelas dari segu guru, segi peserta didik itu sendiri, segi sarana dan prasarana sekolah dan keluarga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika peserta didik tinggal kelas dari segi guru, segi peserta didik itu sendiri, segi sarana dan prasarana dan keluarga.
Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Field Research yang bersifat Deskriptif yaitu menggambarkan penelitian sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan dengan menghubungkan berbagai objek sesuai dengan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik tinggal kelas, guru, waka kesiswaan, waka sarana dan prasarana MTsN 10 Pesisir Selatan, dan orangtua peserta didik tinggal kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Menganalisa data, penulis lakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian (display) data dan verifikasi data. Kemudian, untuk memperoleh keabsahan data penulis melakukan kegiatan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa, problematika peserta didik tinggal kelas dari segi guru adalah a) guru belum maksimal menggunakan metode bervariasi dalam pembelajaran. b) Kadang-kadang guru memperlihatkan sikap dan kepribadian kurang baik dalam hal bertutur kata karena situasi dan kondisi peserta didik tinggal kelas. c) Interaksi guru dengan peserta didik kurang maksimal karena peserta didik yang pasif. d) Motivasi guru terhadap peserta didik kurang mampu membuat peserta didik mengubah sikap dan tingkah lakunya e). Guru juga menanamkan nilai-nilai dan sikap baik terhadap peserta didik, namun kurang mampu diteladani oleh peserta didik tinggal kelas.. Problematika dari segi peserta didik itu sendiri adalah kurangnya memahami materi pelajaran, sikap peserta didik baik dalam kelas maupun di luar kelas kurang baik, dan kurangnya minat dan perhatian belajar peserta didik. Problematika dari segi sarana dan prasarana adalah media pembelajaran kurang lengkap, kurangnya kemampuan guru untuk menggunakan media teknologi sebagai media pembelajaran, dan lingkungan sekolah yang memberikan peluang bagi peserta didik keluar dari sekolah. Problematika dari segi keluarga adalah kurangnya peran orang tua terhadap belajar anak di rumah, kondisi ekonomi keluarga yang kurang mendukung, suasana rumah kurang baik, dan kurangnya peduli dan perhatian orang tua terhadap pendidikan anak baik di rumah maupun di sekolah.
Full Text:
hal 66-79 (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR KEPUSTAKAAN
Achmadi, CholidNarbukodan Abu, MetodologiPenelitian, Jakarta: Aksara, 2005
Afifuddin, MetodologiPenelitianKualitatif, Bandung: PustakaSetia, 2012
Ahmadi, Abu danDra.NurUhbiyati, IlmuPendidikan, Cetakanke II, Jakarta: RinekaCipta, 2006
Arikunto, Suharsimi, ManajemenPenelitian, Jakarta: RinekaCipta, 1990
, ProsedurPenelitian, Jakarta: RinekaCipta, 2002
Basri, Hasan, FilsafatPendidikan Islam, Bandung: PustakaSetia, 2009
Daradjat, Zakiah, dkk, IlmuPendidikan Islam, Jakarta: BumiAksara, 2014
Debdikbud, KamusBesarBahasa Indonesia, Jakarta: BulanBintang, 2002
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2005, Cet. ke 2
Hamalik, Oemar, PsikologiBelajardanMengajar, Bandung: SinarBaruAlgensindo, 2012
Hasan, M. Iqbal, Pokok-PokokMetodologiPenelitiandanAplikasinya, Jakarta: Gralia Indonesia, 2002
Irawan, Prasetya, LogikaKaryaIlmiah, Jakarta: BumiAksara, 2003
Iska, ZikriNeni, PengantarPemahamanDiridanLingkungan, Jakarta: KiziBrotheris
Jamaluddin, Dindin, MetodePendidikanAnak (TeoridanPraktik), Bandung: Pustaka Al-Fikriis, 2010
KeputusanMenteri Agama Republik Indonesia, Nomor 369 Tahun 1993, Tentang Madrasah Tsanawiyah Bab I, KetentuanUmumPasal 1
Kholizah, Nyanyu, PsikologiPendidikan, Jakarta: RajawaliPers, 2014
Mardaleni, KarakteristikSiswaTinggalKelas (StudiKasus di Madrasah TsanawiyahNegeriKubangPutihKabupatenAgam), Padang: UniversitasNegeri Padang, 2002
Mardanis, MetodologiPenelitianSuatuPendekatan Proposal, Jakarta: BumiAksara, 1995
Miles, TeknikAnalisa Data danPemaknaanHasilTemuan/UTCbWed/ 01 Februari 2015
Muhaimin, PemikiranPendidikan Islam, Bandung: TrigendaKarya, 1993
Mulyono, Abdulrrahman, PendidikanBagiAnakBerkesulitanBelajar, Jakarta: RinekaCipta, 2003
Nata, Abuddin, ManajemenPendidikan: MengatasiKelemahanPendidikan Islam di Indonesia,Jakarta: Kencana, 2003
, FilsafatPendidikan Islam, Jakarta: LogoiWacanaIlmu, 1997
Nawawi, HadaridanNini Martini, PenelitianTerapan, Yogyakarta: Gajah Mada, Univercity Press
Rajab, BedahVisidanMisi Madrasah TsanawiyahNegeri (MTsN) PancungSoal, 2014
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2011
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran: Teoridan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana, 2011
, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
Santrock, John W., Psikologi Pendidikan, Edisi Dua, Jakarta: Kencana, 2008
Sjarkawi, PembentukanKepribadianAnak (Peran Moral, Intelektual, danSosialSebagaiWujudIntegritasMembangunJatiDiri), Jakarta: BumiAksara, 2011
Slamet, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Sugiyono, MetodePenelitianPendidikanPendekatanKuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Afabeta, 2009
Sukmadinata, Nana Syaodih, MetodePenelitianPendidikan, Bandung: RemajaRosdakarya, 2009
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2013
Syukir, Dasar-DasarStrategiDakwahIslami, Surabaya : Al-Ikhlas, 1983
Uhbiyati, Nur, Ilmupendidikan Islam, Bandung: PustakaSetia, 1998
Umar, Bukhari, IlmuPendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010
Yusuf, A. Muri, MetodologiPenelitian, (Dasar-dasarPenyelidikanIlmiah), Padang:UNP Press, 2005
Yusuf, Syamsu, LN, PsikologiPerkembaganAnakdanRemaja,Bandung:RemajaRosdakarya, 2001
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasional
http://ejournal-s1.stkip-pgri-sumbar.ac.id, Bertha Ivhone, Masalah yang DihadapiPesertaDidikTinggalKelas di SekolahDasar 05 LembahMelintangKabupatenPasaman Barat, (Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat), Akses 27 Maret 2015
Https://rumahbukuiqro.wordpress.com/2012/11/22/masalah-pendidikan-hilangnya-peran-keluarga-bagi-pendidikan/amp/, Akses, 25 Oktober 2017
http://ekplorasialam.blogspot.com/2016/12/masalah-masalah-belajar-dalam-kelas.html, Akses Agustus 2018
https://dosenmuslim.com/pendidikan/problematika-guru/, Akses Agustus 2018
https://dosenmuslim.com/pendidikan/problematika-guru/, Akses Agustus, 2018, hlm. 126 – 127
DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v1i2.1003
Article Metrics
Abstract view : 209 timeshal 66-79 (Bahasa Indonesia) - 127 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.