Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Camat Sijunjung
Sari
Salah satu jenis pelayanan yang diberikan pemerintah adalah pelayanan
administrasi kependudukan. Administrasi kependudukan menghasilkan data
kependudukanyang sangat dibutuhkan dalam sinergitas pembangunan.Berlakunya Undangundang
tentang pemerintahan daerah, membuat tanggung jawab penyelenggaraan
administrasi kependudukan berada di daerah. Kantor Camat Sijunjung sebagai salah satu
organisasi perangkat daerah di Pemerintah Kabupaten Sijunjung bertugas secara langsung
memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakatterhadap pelayanan administrasi
kependudukan yang diberikan Kantor Camat Sijunjung sesuai dengan 14 indikator
berdasarkan Kepmenpan No.25/KEP/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan
Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Dalam penelitian ini
penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan instrumen penelitian berupa
kuisoner. Pengambilan sampel dengan teknik Insedential Sample dengan responden yang
ditetapkan berjumlah 150 orang. Berdasarkan hasil analisis, indeks kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Camat Sijunjung adalah 76,87
dengan predikat baik. Hal ini berarti bahwa kinerja pelayanan administrasi kependudukan
di Kantor Camat Sijunjung baik.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat, Administrasi
Kependudukan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kepmenpan Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan
Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah
Kepemenpan Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan
Publik
Moenir. H. A. S. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi
Aksara. 228 hal.
Nurcholis, Hanif. (2005). Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta:
Gramedia Widiasarana Indonesia. 216 hal.
Sinambela, Lijan Poltak.(2008). Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan, dan
Implementasi. Jakarta : Bumi Aksara. 192 hal.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. 334
hal.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. 806 hal.
Trisantono, Bambang Soemantri. (2011). Pedoman Penyelenggaraan Pemerintah Desa.
Bandung: Fokusmedia. 303 hal.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i7.856
Article Metrics
Sari view : 220 timesPDF - 308 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.