ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI FPB DAN KPK UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Prima Yudhi

Sari


Lembar Kerja Siswa (LKS) yang selama ini digunakan sekolah belum sepenuhnya menuntun siswa untuk aktif membangun pemahamannya sendiri. Untuk itu perlu dikembangkan LKS berbasis Realistics Mathematics Education (RME) yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya serta dapat mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari dalam pemecahan masalah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model McKenny yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary, prototyping, dan assessment. Prototype Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dirancang berdasarkan preliminary (analisis pendahuluan). Kegiatan analisis kebutuhan dimulai dengan analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis siswa. Data kualitatif yang diperoleh pada tahap analisis pendahuluan, dianalisis dengan tiga tahapan yaitu : mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Mereduksi data merupakan proses menyeleksi, memfokuskan dan mentransformasikan data mentah yang diperoleh melalui hasil wawancara.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. 2006. Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas. _________. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Djaafar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap hasil Belajar. Jakarta: UNP Fauzan, Ahmad. 2008. Problematika Pembelajaran Matematika dan Alternatif Penyelesaiannya. Pidato Pengukuhan Sebagai Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Padang. Tim Penulis Grasindo. 2010. Pintar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Grasindo Hadi, S. 2000. Teori Matematika Realistik. Nederland: University of Twente Plomp, T dan Nieveen, N. (eds). 2007. An Introduction to Educational Design Research Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO) Prahmana, Rully Charitas Indra. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Matematika Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada Soedjadi, R. 2004. PMRI dan KBK dalam Era Otonomi Pendidikan. Buletin PMRI. Edisi III, Jan 2004. Bandung: KPPMT ITB Bandung. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasional. Yogyakarta: Bumi Aksara Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta Wijaya, Ariyadi. 2011. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu Treffer. 1991. Didactical Background of a Mathematics program for Primary Education. Dalam Streefland, L. (Ed). Realistic Mathematics Education in Primary School. Utrecht




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.84

Article Metrics

Sari view : 3084 times
PDF - 1619 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.