Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar

Widya Sari, Junita Irawati, Resdilla Pratiwi, Asrin Nasution

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Show and Tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 098 Pidoli Lombang pada materi “Sayangi Bumiku”. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design) model Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 41 siswa yang terbagi dalam kelas VA dan VB. Instrumen pengumpulan data berupa tes lisan, kemudian dianalisis menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan keterampilan berbicara siswa. Pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Show and Tell, nilai rata-rata meningkat dari 39,55 (pre-test) menjadi 90,20 (post-test). Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode Presentasi, nilai naik dari 37,38 menjadi 81,38. Hasil uji hipotesis memperlihatkan thitung (38,086) > ttabel (2,021), sehingga Ha diterima. Dengan demikian, metode Show and Tell terbukti efektif meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kata kunci: Metode Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Ariska, K., & Suyadi. (2020). Penggunaan Metode Show and Tell Melalui Media Magic Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 137–145.

Arum, R. P. (2020). Penerapan Metode Bermain Show and Tell Dalam Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Anak Usia Dini Di Kelompok B Tk Wasila Hamid Karang Anyar- Jati Agung Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Aulia, S. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Show and Tell terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Materi Iklan di Kelas Viii Mts Pondok.

Bayanuddin, N. Z. (2023). Metode Pembelajaran dan Teknik Mengajar. Khazana Pendidikan.

Fihrallah, R. A., Suresman, E., & Anwar, S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Show and Tell Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 90. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.19466

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan (Konsep, Teori dan Aplikasinya). LPPPI.

Kania, N., Aisyah, N., & Usamah, A. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Show and Tell terhadap Pembelajaran Tematik pada Keterampilan Berbicara Siswa SDN 2 Ciloa Kabupaten Kuningan. In Indo-MathEdu Intellectuals Journal (Vol. 5, Nomor 4). https://doi.org/https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1763

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia Kelas V SD. Kemendikbudristek.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3).

Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Prenadamedia Group.

Nafi’ah, S. A. (2018). Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. A-Ruzz Media.

Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Sakinah, L., Nurochmah, A., & Uswatun, D. A. (2020). Penerapan Show and Tell Method Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas Rendah. Jurnal Persada, 3(1), 15–20.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Siregar, S. M., Nurushofa, A. W., & Idul Fitri, W. P. (2024). Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Sekolah Dasar Yayasan Sinar Husni Kota Medan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 110–117.

Sit, M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. In Universitas Nusantara PGRI kEDIRI.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.

Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik. Penerbit K-Media.

Susila, B., & Wahyuningtyas, S. (2024). Pengaruh Metode Show and Tell dan Sikap Terhadap Peningkatan Kompetensi Bicara Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III di UPTD SDN 3 Parseh Socah (Vol. 8, Nomor 1).

Umar, B. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i2.7120

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.