Efektivitas Media Instagram Dalam Memberikan Pemahaman Siswa Terhadap Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Di Smks Darma Shalihat Alue Bilie Nagan Raya

Zulfadlan Asra, Wanty Khaira

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Instagram dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap peran guru bimbingan dan konseling di SMKS Darma Shalihat Alue Bilie Nagan Raya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman siswa tentang fungsi dan layanan bimbingan konseling serta rendahnya keterlibatan mereka dalam mengakses layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) model One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa kelas X dan XI yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman (pretest dan posttest) dan angket persepsi siswa terhadap penggunaan Instagram sebagai media layanan BK. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada skor pemahaman siswa setelah diberikan intervensi melalui konten edukatif Instagram, dengan nilai rata-rata sebelum treatment sebesar 55 dan sesudah treatment sebesar 90. Hasil analisis N-Gain sebesar 0,66 menunjukkan efektivitas dalam kategori cukup efektifitas dengan hasil uji paired sample t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan (p < 0,05) dan angket persepsi menunjukkan bahwa mayoritas siswa merespons secara positif terhadap penggunaan Instagram, khususnya pada aspek visual, kemudahan akses, dan kebermanfaatan informasi. Dengan demikian, media Instagram terbukti efektif sebagai sarana layanan informasi bimbingan dan konseling di sekolah.

Kata Kunci: Instagram, pemahaman siswa, peran guru BK, media sosial, layanan bimbingan dan konseling

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abadi, C. (2021). Peran Guru Bk Dalam Perencanaan Arah Karir Siswa (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang). Muhafadzah. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v1i1.338

Andani, M. F., Lasan, B. B., & Apriani, R. (2023). Persepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama terhadap Penggunaan Instagram sebagai Media Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling. Buletin Konseling Inovatif, 3(1), 61–70. https://doi.org/10.17977/um059v3i12023p61-70

Azizah, D. N., Namira, F., Dewi, S., Naffa, A. Q., Rakhmadani, P., Bisnis, P. S., & Desain, D. (2024). Efektifitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Edukasi. Sendiko, 1–6. Retrieved from https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/5381

Badriyah, B., Susanto, D., Fauzi, E., & Kamaludin, K. (2023). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMK Negeri 1 Cimerak. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin. https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2204

Damara, A. A., & Dharma, B. A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 2(2), 216–225. https://doi.org/10.17977/um066v2i22022p216-225

Defriansyah, D., Aprilia, L., Putra, M. D. A., Nurmal, I., & Wahyudi, E. (2023). Peran Guru BK Dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa Dalam Belajar Strategi dan Taktik Efektif. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.

Fadillah, R., & Nuraini, M. (2023). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 45–58

Oktavia, L. D. (2019). Penggunaan Instagram Sebagai Media Informasi Bimbingan dan Konseling di Indonesia. Retrieved from https://osf.io/preprints/inarxiv/cjtd3

Putri, A. F., & Rachman, A. (2023). Persepsi Siswa terhadap Konten Instagram Guru BK. Jurnal Psikologi dan Bimbingan, 7(2), 47–58.

Putri, S. R., & Mahyuni, N. (2021). Pemahaman Siswa terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di Banda Aceh. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(1), 45–53.

Rukmana, M., & Nabila, F. (2023). Purposive Sampling dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Metodologi Riset, 2(1), 15–22.

Saadatun Nikmah, & Theresia Sri Hartati, M. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. PEDAGOGIKA. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1291

Sirotová, M., Michvocíková, V., & Rubacha, K. M. (2021). Quasi-experiment in the educational reality. Journal of Education Culture and Society. https://doi.org/10.15503/jecs2021.1.189.201

Sugiyono. (2021). Buku Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif,kualitatif,kombinasi R&D dan Penelitian Pendidikan. In Penerbit Alfabeta Bandung.

Syahputra, R. D., Wibowo, S., Si, M., Pangestu, B. D., Bobanto, W. S., Lumenta, A. S. M., … Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Person Edition.

We Are Social & Hootsuite. (2023). Digital 2023: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Wibowo, D., & Aulia, N. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pemanfaatan Media Instagram dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi Digital, 2(1), 17–26.

Widyastuti, E., & Kurniawan, D. (2023). Penggunaan Statistik Deskriptif dalam Analisis Persepsi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 112–124.

Yuliani, D., & Mahendra, A. (2022). Optimalisasi Instagram sebagai Sarana Informasi Layanan BK. Jurnal Konseling dan Psikoedukasi, 8(2), 50–63.

Yusuf, H., & Harahap, R. (2021). Penggunaan Uji Normalitas Shapiro-Wilk dalam Penelitian. Jurnal Statistik Terapan, 4(1), 1–9.

Zulfikar, A., & Marliah, L. (2024). Pengembangan Media Sosial Edukasi bagi Guru BK: Studi Kasus Instagram. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Konseling Digital, 3(1), 85–96.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i2.6923

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.