Penggunaan Messaging Apps Sebagai Program Optimalisasi Praktik Berbahasa Perancis Bagi Mahasiswa Universitas Negeri Medan
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan aplikasi pesan instan (messaging apps) dalam mengoptimalkan praktik berbahasa Prancis pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Perancis Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods), dengan pengumpulan data melalui angket daring yang dianalisis secara deskriptif-kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa 68,8% mahasiswa merasakan peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata melalui aplikasi seperti Tandem dan HelloTalk, sementara sisanya mengalami peningkatan dalam skala terbatas. Aktivitas praktik berlangsung secara informal dan bervariasi, mencakup komunikasi langsung, bertukar pesan, dan penggunaan media daring. Temuan ini sejalan dengan teori Mobile-Assisted Language Learning (MALL), incidental vocabulary acquisition, dan social constructivism, yang menekankan pentingnya interaksi otentik dan kontekstual dalam pembelajaran bahasa. Hambatan yang diidentifikasi mencakup kurangnya mitra belajar, keterbatasan teknis, dan jadwal interaksi yang tidak konsisten. Studi ini merekomendasikan pengembangan pendekatan pedagogis berbasis teknologi yang terstruktur, serta integrasi aplikasi digital dalam kurikulum untuk mendukung keberlanjutan praktik bahasa asing.
Kata Kunci: messaging apps, pembelajaran Bahasa Perancis, mobile-assisted language learning
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andujar, A. (2016). Using WhatsApp to develop writing skills in a Spanish as a foreign language class. The EuroCALL Review, 24(2), 51-60.
Bouhnik, D., & Deshen, M. (2014). WhatsApp goes to school: Storytelling in a digital environment. Journal of Education and Learning, 3(2), 23-31.
Burston, J. (2015). The effect of CALL on foreign language teaching and learning: A review. Language Teaching, 48(2), 213-228.
Chapelle, C. A., & Sauro, S. (Eds.). (2017). The handbook of technology and second language acquisition. Wiley Blackwell.
Ellis, N. C., & Larsen-Freeman, D. (2019). Language as a complex adaptive system. Wiley Blackwell.
Godwin-Jones, R. (2017). Mobile apps for language learning: Expanding the pedagogical horizon. Language Learning & Technology, 21(3), 1-19.
Hinkel, E. (2018). Teaching academic ESL writing: Practical techniques in vocabulary and grammar. Routledge.
Kukulska-Hulme, A. (2012). Language learning through mobile devices. In C. A. Chapelle (Ed.), The encyclopedia of applied linguistics (pp. 3524-3529). Wiley Blackwell.
Kukulska-Hulme, A., & Viberg, O. (2018). Mobile learning in higher education: A decade of achievements and challenges. British Journal of Educational Technology, 49(5), 896-906.
Lai, C. (2017). The interplay of informal learning and formal instruction in language learning. Language Learning & Technology, 21(3), 20-33.
Long, M. H. (1996). The role of the linguistic environment in second language acquisition. In W. C. Ritchie & T. K. Bhatia (Eds.), Handbook of second language acquisition (pp. 413-468). Academic Press.
Luo, J., & Yang, M. (2023). The impact of mobile-assisted vocabulary learning on Chinese EFL learners’ vocabulary acquisition. Journal of English Language Teaching, 16(1), 1-15.
MacIntyre, P. D., Dörnyei, Z., Clement, R., & Noels, L. A. (2017). Conceptualizing willingness to communicate in a second language: A situational model of L2 WTC. In Z. Dörnyei, P. D. MacIntyre, & A. Henry (Eds.), Motivational dynamics in language learning (pp. 51-78). Multilingual Matters.
Nation, I. S. P. (2013). Learning vocabulary in another language (2nd ed.). Cambridge University Press.
Nugroho, R. A., & Utami, B. W. (2021). Peran teknologi dalam meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 112-120.
Pellicer-Sánchez, A., & Schmitt, N. (2018). The effects of incidental and intentional vocabulary learning on vocabulary knowledge and reading comprehension. Applied Linguistics, 39(2), 227-248.
Plonsky, L., & Ziegler, N. (2016). Mobile-assisted language learning: A meta-analysis. Language Learning & Technology, 20(3), 39-56.
Rachmawati, D. (2022). Fleksibilitas pembelajaran bahasa asing melalui media digital. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(1), 45-56.
Reinders, H., & Benson, P. (2017). Language learning and teaching through technology. Routledge.
Teng, F. (2020). Incidental vocabulary acquisition through reading: A review. Language Teaching Research, 24(5), 603-619.
Viberg, O., & Grönlund, Å. (2020). Mobile-assisted language learning beyond the classroom: A systematic review. Computers & Education, 149, 103816.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6847
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.















