Pengembangan Buku Saku Visual: Pemahaman Bahan Alternatif Sehat dalam Menu Kontinental
Sari
Mahasiswa program studi tata boga sering mengalami kesulitan memahami penggunaan bahan alternatif sehat dalam menu kontinental karena keterbatasan media pembelajaran yang kontekstual dan praktis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku saku visual sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam konteks tersebut. Metode pengembangan menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate), dengan subjek mahasiswa pendidikan kejuruan bidang kuliner. Validasi dilakukan oleh ahli materi, media, dan bahasa, dilanjutkan dengan uji coba melalui skema one-to-one, small group, dan field test. Hasil validasi menunjukkan skor kelayakan rata-rata 89,47% (kategori sangat layak). Peningkatan skor pemahaman mahasiswa mencapai 19,7 poin (kelompok kecil) dan 18,2 poin (lapangan). Respon kepuasan mahasiswa menunjukkan rata-rata 83,2%. Media ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktik mahasiswa terkait bahan substitusi sehat. Buku saku visual ini direkomendasikan sebagai media pembelajaran alternatif yang aplikatif, menarik, dan dapat diadaptasi untuk mata kuliah praktik lainnya.
Kata Kunci: Media visual, bahan substitusi sehat, pendidikan kuliner, masakan kontinental, pembelajaran praktik.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifah, N., & Wulandari, E. (2023). Buku saku infografis sebagai inovasi pembelajaran praktik masak. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 199–210. https://doi.org/10.21009/jipp.v9i3.29911
DFNPT Boga, SPT Boga. (2022). Model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif terhadap hasil belajar pada mata kuliah ilmu gizi. Jurnal Tata Boga, 11(1), 13–24. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/49428
Fauziah, N., & Hamidah, H. (2020). Efektivitas media visual dalam praktik tata boga untuk meningkatkan ketepatan teknik masak mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 45–56. https://doi.org/10.17977/um031v8i1p45-56
Fitriyani, H., & Lestari, T. (2020). Peran buku saku dalam pembelajaran aktif di lingkungan dapur kejuruan. Jurnal Pendidikan Terapan, 4(2), 72–80. https://doi.org/10.31940/jpt.v4i2.11209
Handayani, I., & Kusuma, M. (2020). Efektivitas buku saku pada pembelajaran mandiri mahasiswa praktik tata boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(1), 55–62. https://doi.org/10.21831/jpv.v10i1.29981
Irawati, L., & Sulistyowati, A. (2021). Penggunaan buku saku visual dalam meningkatkan pemahaman gizi mahasiswa tata boga. Jurnal Pendidikan Gizi dan Kuliner, 10(2), 102–110. https://doi.org/10.26740/jpgk.v10n2.p102-110
Kartikasari, D., & Prasetyo, A. (2021). Penggunaan media buku saku dalam pembelajaran berbasis praktik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Vokasi, 11(4), 333–342. https://doi.org/10.36709/jip.v11i4.23467
Mahanani, T., & Ekawatiningsih, P. (2024). Meningkatkan pengalaman belajar siswa pada pendidikan kejuruan: Pengembangan media interaktif pada mata pelajaran praktikum. Jambura Journal of Engineering Education, 5(1), 34–45. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JJEE/article/view/26894
Nurjanah, S., & Lestari, D. (2023). Buku saku interaktif berbasis QR Code dalam pembelajaran gizi seimbang. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 14(2), 122–133. https://doi.org/10.21009/JIP.142.09
Rahmawati, R., & Fitria, H. (2022). Pengaruh media infografis terhadap retensi informasi mahasiswa kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(3), 195–203. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i3.46750
Saputra, Y., & Dewi, M. (2021). Penggunaan infografik dan buku saku untuk meningkatkan hasil belajar praktik kuliner. Jurnal Gizi dan Boga, 8(2), 155–163. https://doi.org/10.26555/jgb.v8i2.25119
Sari, R. M., & Puspita, L. (2021). Media belajar visual dalam pendidikan kejuruan gizi kuliner. Jurnal Pendidikan Kuliner Nusantara, 9(1), 65–74. https://doi.org/10.31294/jpk.v9i1.10315
Setyaningsih, R., & Mariah, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran video food plating sebagai sumber belajar mahasiswa. Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 67–78. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/keluarga/article/view/15723
Susanti, A., & Jannah, R. (2022). Strategi penggunaan media visual dalam pembelajaran teknik kuliner kontemporer. Jurnal Tata Boga Nusantara, 13(2), 115–127. https://doi.org/10.31004/jtbn.v13i2.40251
Yuniarti, S., & Rahmadani, F. (2023). Pengembangan media visual untuk mahasiswa tata boga dalam praktik hidangan kontinental. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 78–89. https://doi.org/10.23887/jptk.v17i2.49472
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6840
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.















