Analisis Integrasi Metode Pembelajaran Konvensional dan Modern

Syarifah Anjani, Muhamad Rifa’i Subhi, Rahmi Anekasari

Sari


Terjadi ketimpangan dalam penerapan metode pembelajaran konvensional yang bersifat pasif dan monoton dengan metode modern yang lebih partisipatif serta relevan pada perkembangan zaman. Hal ini berdampak pada rendahnya efektivitas dan relevansi pembelajaran, khususnya dalam konteks Pendidikan agama Islam yang seringkali dianggap hanya focus pada aspek spiritual tanpa integrase keterampilan abad 21. Penelitian ini membahas tentang bagaimana integrase metode pembelajaran konvensional dan modern dapat meningkatkan efektivitas dan relevansi pembelajaran PAI. Menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian mengemukakan bahwa integrase metode pembelajaran konvensional dan modern bisa menghasilkan pembelajaran yang holistic serta kontekstual. Integrase metode pembelajaran konvensional dan modern sangat relevan untuk menciptakan pengalaman belajara yang komprehensif dalam Pendidikan agama Islam. Penggabungan ini mampu membentuk siswa berakhlak, kritis dan siap menghadapi tantangan global Kesimpulannya, Integrasi antara metode tradisional dengan modern tidak hanya berupa strategi saja, melainkan kebutuhan yang penting dalam membentuk generasi muda islam yang berlandaskan spiritual dan digitalnya tidak tertinggal.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, konvensional, modern, PAI 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfadhil, M., & Dewi, N. (2023). Paradigma Pembelajaran Modern Dalam Pengembangan Pendidikan Nilai dan Moral Islami di Indonesia. 789–798. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4788

Daulay, N. (2024). Pengaruh Pembelajaran Konvensional Pada Materi Shalat Jama ’ dan Qosar. 2(2), 268–272.

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. 2(April), 44–52.

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101

Fajra, R., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Metode Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(November), 67–78. http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/2083

Gunawan, S., Santoso, E. B., & Mastan, S. A. (2020). Analisis Perbedaan Metode Pembelajaran Konvensional Dan Active Learning Mahasiswa Akuntansi Universitas Ciputra. Media Akuntansi Dan Perpajakan Indonesia, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.37715/mapi.v1i1.1402

Habib Zainuri. (2024). Blending Traditional and Modern Methods A New Curriculum Framework for PAI. Al-Mau’izhoh, 6(1), 656–673. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9544

Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 190. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748

Junaedah, & Nafiah. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Modern Menggunakan Aplikasi Sway Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Semanggi. National Conference for Ummah, 1(1), 1–14. https://conferences.unusa.ac.id

Khoiriyah, A. H., Nindiasari, D., Ridho, D., Huda, N., Niswa, A., Rifa, I., Fajar, D., & Pratama, N. (2023). Pendidikan Islam Tradisional Dan Modern. 15, 262–272.

Muhammad Kadir, Mawadda Warahma,, A. Fathul, L. & D. (2022). Perubahan Metode Pembelajaran PAI di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(1), 30–35.

Nadhiroh, S. N., & Maunah, B. (2024). EVEKTIVITAS PERKEMBANGAN PENDIDIKAN MODERN TERHADAP MINAT PESERTA DIDIK. Journal Adabiyah Islamic, 1–10.

Neliwati, Khairul, A., Fahmi, K., & Hidayat, A. (2024). Implementasi Metode Tradisional untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Aliyah Muallimin UNIVA Medan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8.

Paruntu, P. E., Nadia, L. N., & Kholifah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Konvensional Berbantu Media CD Interaktif dan TGT Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 241–247.

Prameswari, S. K., Fatkhi, B., & Bestari, A. (2025). Modern Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Dan Prestasi Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT ) AL-AULIYA KOTA BALIKPAPAN 1269 | Sintya Kartika Prameswari , Biddami Fatkhi , Assyfa Bestari. 3.

Syahrullah, M., & Djuanda, U. (2024). Transformasi Pembelajaran dari Metode Konvensional ke Metode Modern : Tantangan dan Peluang di Era Digital. 3, 13388–13397.

Wedi, A. (2016). Konsep dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 1(1), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/viewFile/1785/1027




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6837

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.