Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas 5/4 Satit Phatna Witya Yala Thailand Selatan

Maulida Rahma, Veryliana Purnamasari, Filia Prima Artharina

Sari


Kelas 5/4 di Sekolah Dasar Satit Phtana Witya di Yala, Thailand Selatan, menunjukkan pengajaran yang terdiferensiasi di berbagai bidang, termasuk disiplin, kerja proyek, infrastruktur dan fasilitas, strategi pembelajaran, dan profil siswa, yang masing-masing memiliki karakter yang berbeda. Untuk lebih memahami preferensi pembelajaran siswa kelas 5/4 di Sekolah Dasar Satit Phatna Witya di Yala, Thailand Selatan, penelitian ini dilakukan. Metode penelitian kualitatif deskriptif bertujuan untuk menggunakan data kualitatif dalam menggambarkan dan memahami proses fenomena secara menyeluruh. Dalam penelitian kualitatif, deskriptif mengacu pada penggambaran peristiwa, proses, dan latar sosial yang diteliti. Siswa kelas 5/4 di Sekolah Dasar Satit Phatna Witya di Yala, Thailand, menjadi sampel penelitian untuk lebih memahami fenomena yang unik. Terdapat perbedaan ketika dua atau tiga set gaya belajar berada dalam interval yang sama, yaitu ketika dilakukan analisis kuantitatif, dengan jumlah yang lebih besar menunjukkan gaya belajar yang lebih dominan. Gaya belajar dari 31 siswa kelas 5/4 di Sekolah Dasar Satit Phatna Witya Yala di Thailand Selatan dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 10 siswa, atau 32% dari total siswa, memiliki gaya belajar kinestetik, 7 siswa, atau 23%, memiliki gaya belajar auditori, dan 14 siswa, atau 45% dari total siswa, memiliki gaya belajar visual.

Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditori, Gaya Belajar Kinestetik, dan Asesmen Diagnostik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilia, B. L. K., Jamaluddin, J., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2732–2743. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1065

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Hasna, S., & Azizah, M. (2023). IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF SISWA KELAS III SD NEGERI GAYAMSARI 02 KOTA SEMARANG. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1390

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045

Jannah, R., & Cahyadi, A. (2024). Penggunaan Aplikasi AkuPintar.Id Untuk Mengetahui Gaya Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 645–650. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6162

Majidah, M. (2023). Assessment Gaya Belajar Pada Siswa-Siswi Di SDN 1 Dibal Boyolali. Dalam Jurnal Pengabdian Melek Literasi (Vol. 01, Nomor 01). https://ejournal.melekliterasi.com/index.php/jpmlk/article/view/2

Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS. German für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. V ol.1. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1150/1123

Rohmah, R. K., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PBL PADA SUBTEMA KELAS III SDN SAMBIREJO 02 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1753/1501

Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 06(03).

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., Sultan, H., & Manado, U. N. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony

Vol. No. (Tahun)

This work is licensed under a CC BY-SA

Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah p-ISSN : 1693-2617 e-ISSN : 2528-7613

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/301/101

Wulan, D. N., Subekti, E. E., & Lestari, A. B. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SESUAI GAYA BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS IV. Metta Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 3(2), 5671–5676. https://melatijournal.com/index.php/Metta/article/view/581

Xena Dista, D., Hermita, N., & Agnes Triani, R. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Dalam Journal of Education Research (Vol. 5, Nomor 2). https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/964

Zuhaida, K., Purnamasari, V., Saputro, S. A., Ayu, N., & Muniarti, N. (2024). Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Produk Berbasis Problem Based Learning pada Anak Kelas 1 Sekolah Dasar (V ol. 7, Nomor 5). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/24740




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i2.6634

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.