Analisis Tantangan Guru Dalam Pembelajaran Ipas Berbasis Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas V Sdn Kedungpane 2
Sari
Guru memiliki tantangan dalam pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal adalah kurangnya pengetahuan awal peserta didik tentang tradisi dan budaya di lingkungan mereka Penelitian ini bertujuan menganalisis berbagai tantangan yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal di kelas V SD Negeri Kedungpane 02. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam menyampaikan konsep kearifan lokal karena sifat dari kearifan lokal sendiri lebih aplikatif, minimnya pengalaman peserta didik dalam tradisi lokal, adanya keterbatasan waktu dalam menggunakan media berbasis kearifan lokal dan sulitnya menghilangkan stereotip bahwa budaya lokal hanya relevan bagi orang tua. Untuk mengatasi tantangan ini, disarankan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang menekankan pengalaman langsung.
Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Implementasi, Stereotip
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Allolinggi, L. R., Alexander, F., & Allo, M. R. (2024). Strategi Guru dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. 10(4), 4596–4605.
Atmodjo, D. (2021). Pembelajaran ips berbasis kearifan lokal di smp negeri 3 nawangan kabupaten pacitan. Jurnal Humaniora, 08, 1375–1379.
Erlande, R. (2024). Accelerating Character Education Through Integration of Local Wisdom in Pancasila and Civic Education. Journal of Humanities and Civic Education, 2(1), 1–8.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Kharismawati, S. A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal “Manurih Gatah” melalui Teori Belajar Humanistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 782–789. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.706
Khotimah, K., Prasetya, S. P., Harianto, S., & Segara, N. B. (2024). Pelatihan Penyusunan Model Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal untuk Mendukung Kurikulum Merdeka Bagi Guru IPS Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 3164–3170.
https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.674
Kintamani, N., Dita, I. K., Sudirman, I. N., Nurasih, N. W., & Budiarta, I. N. (2024). Jurnal Pendidikan
Multidisipliner PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR SEKOLAH DASAR. 7, 33–39. Lakasana, B., & Maretha, N. D. (2024). Implementasi Pembelajaran P5 Tema Kearifan Lokal terhadap
Keterampilan Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 4, 517–523.
Lathifah, I., Fungkiuudin, H., Trisnaningtyas, R., Yus Setiawan, R., Afifatul Alfiyah, N., Muthoharoh, L., & Rohman Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, ur. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Pendidikan IPS Di Era Globalisasi. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 213–223. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.784
Mata, P., & Ips, P. (2024). Analisis Materi Sejarah Berbasis Kearifan Lokal. 5(2), 151–156.
Olak Wuwur, E. S. P., Kuswandi, D., & Awaliyah, S. (2023). Internalisasi Kearifan Lokal Leva Nuang Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 782–791. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2583
Purnani, S. N., & Mulianingsih, F. (2020). Implementasi Pembelajaaran Ips Berbasis Kearifan Lokal Di Smp Negeri 2 Jatinom Kabupaten Klaten. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 35–39. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.39847
Rini, N. P. Y. (2023). Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Kebudayaan Daerah Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SD N 6 Songan. Jurnal Pendidikan Deiksis, 5(2), 35–42.
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Sari, N. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Lampung. Journal of Social Science Education, 4(1), 39–52. https://e- journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/view/6612/3245
Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Mplementasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133
Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.
Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2024). Dampak Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif ( CBSA ) Berbasis Kearifan Lokal terhadap Karakter Siswa di Sekolah Dasar. 4, 1833–1843.
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6359
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i2.6629
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.