Analisis Tantangan Guru Dalam Pembelajaran Ipas Berbasis Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas V Sdn Kedungpane 2

Uswatun Khasanah, Elliza Elliza, Alya Novita Siswati, Sintiya Pujiana, Aprilia Kurniawat Ma’rufah, Putri Asmarani, Putri Yanuarita Sutikno

Sari


Guru memiliki tantangan dalam pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal adalah kurangnya pengetahuan awal peserta didik tentang tradisi dan budaya di lingkungan mereka Penelitian ini bertujuan menganalisis berbagai tantangan yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal di kelas V SD Negeri Kedungpane 02. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam menyampaikan konsep kearifan lokal karena sifat dari kearifan lokal sendiri lebih aplikatif, minimnya pengalaman peserta didik dalam tradisi lokal, adanya keterbatasan waktu dalam menggunakan media berbasis kearifan lokal dan sulitnya menghilangkan stereotip bahwa budaya lokal hanya relevan bagi orang tua. Untuk mengatasi tantangan ini, disarankan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang menekankan pengalaman langsung.

Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Implementasi, Stereotip


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allolinggi, L. R., Alexander, F., & Allo, M. R. (2024). Strategi Guru dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. 10(4), 4596–4605.

Atmodjo, D. (2021). Pembelajaran ips berbasis kearifan lokal di smp negeri 3 nawangan kabupaten pacitan. Jurnal Humaniora, 08, 1375–1379.

Erlande, R. (2024). Accelerating Character Education Through Integration of Local Wisdom in Pancasila and Civic Education. Journal of Humanities and Civic Education, 2(1), 1–8.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Kharismawati, S. A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal “Manurih Gatah” melalui Teori Belajar Humanistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 782–789. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.706

Khotimah, K., Prasetya, S. P., Harianto, S., & Segara, N. B. (2024). Pelatihan Penyusunan Model Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal untuk Mendukung Kurikulum Merdeka Bagi Guru IPS Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 3164–3170.

https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.674

Kintamani, N., Dita, I. K., Sudirman, I. N., Nurasih, N. W., & Budiarta, I. N. (2024). Jurnal Pendidikan

Multidisipliner PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR SEKOLAH DASAR. 7, 33–39. Lakasana, B., & Maretha, N. D. (2024). Implementasi Pembelajaran P5 Tema Kearifan Lokal terhadap

Keterampilan Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 4, 517–523.

Lathifah, I., Fungkiuudin, H., Trisnaningtyas, R., Yus Setiawan, R., Afifatul Alfiyah, N., Muthoharoh, L., & Rohman Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, ur. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Pendidikan IPS Di Era Globalisasi. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 213–223. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.784

Mata, P., & Ips, P. (2024). Analisis Materi Sejarah Berbasis Kearifan Lokal. 5(2), 151–156.

Olak Wuwur, E. S. P., Kuswandi, D., & Awaliyah, S. (2023). Internalisasi Kearifan Lokal Leva Nuang Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 782–791. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2583

Purnani, S. N., & Mulianingsih, F. (2020). Implementasi Pembelajaaran Ips Berbasis Kearifan Lokal Di Smp Negeri 2 Jatinom Kabupaten Klaten. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 35–39. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.39847

Rini, N. P. Y. (2023). Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Kebudayaan Daerah Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SD N 6 Songan. Jurnal Pendidikan Deiksis, 5(2), 35–42.

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Sari, N. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Lampung. Journal of Social Science Education, 4(1), 39–52. https://e- journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/view/6612/3245

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Mplementasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133

Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.

Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2024). Dampak Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif ( CBSA ) Berbasis Kearifan Lokal terhadap Karakter Siswa di Sekolah Dasar. 4, 1833–1843.

Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903

Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6359




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i2.6629

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.