LANGKAH STRATEGIS PENINGKATAN KUALITAS, RELEVANSI DAN PEMERATAAN PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM RANGKA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN
Sari
Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan kualitas manusia. Pendidikan yang berkualitas dapat menciptakan generasi yang unggul dan kompetitif dalam menghadapi tantangan yang terjadi di masa mendatang. Rendahnya kualitas lulusan merupakan salah satu bukti bahwa pendidikan di Indonesia belum secara optimal dikembangkan. Relevansi pendidikan dalam hal substansi dengan kebutuhan masyarakat dinilai masih rendah. Dunia industry mengeluhkan masih kurang relevannya kompetensi lulusan pendidikan tinggi dengan dunia kerja, tenaga kerja tidak relevan dengan industry. Pembangunan pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global. Pembangunan pendidikan nasional yang akan dilakukan secara jelas menekankan pentingnya pendidikan sebagai salah satu cara untuk penanggulangan kemiskinan, peningkatan keadilan, dan kesetaraan gender, pemahaman nilai-nilai budaya dan multikulturalisme serta peningkatan kesejahteraan.
Kata Kunci : kualitas, relevansi, pemerataan, pendidkan, kesejahteraan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Ghifari, Handoko, Yani. Analisis Kinerja Perbankan Syariah di Indonesia dan Malaysia Dengan Pendekatan Maqashid Indeks. Volume 3 No.2. Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI. 2015
Boy, Pradana. Keruntuhan Kedaulatan Bangsa : Dampak Globalisasi Terhadap Kemandirian Ekonomi dan Politik.
Hall, D Joshua. Educational Quality Matters for Development: A Model of Trade, Inequality, and Endogenous Growth. Eastern Economic Journal, 43, (128–154), 2017.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. 2016
Koscielniak, Helena, et al. International Experiences As One Of Main Elements In Quality Education. Obuda University Keleti Faculty of Business and Management 2015.
Mariyanti, Tatik.Ekonomi Mikro, Islam versus Konvensional. Penerbit Universitas Trisakti. Jakarta .Cetakan Pertama. 2017.
Musyaddad, Kholid. Problematika Pendidikan di Indonesia. Volume 4. 2013
Syadiyah, Halimatus. Kacaunya Pendidikan di Indonesia. Universitas Negeri Semarang. 2015
Sumar, Warni. Kebijakan Pendidikan di Era Otonomi Daerah dan Implikasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo
Suwanto, Edi.Muhammad Sudrajat. Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Analisis Kebijakan Pendidikan Islam. Universitas Ibn Khaldun, Bogor. 2009
Tarigan, Robinson. Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Pendapatan Perbandingan Antara Empat Hasil Penelitian, Jurnal Wawasan Volume 11 No.3, Universitas Sumatera Utara. 2006
Badan Pusat Statistik. Publikasi Indeks Pembangunan Manusia.2016
http://www.masbied.com/2011/06/19/analisis-wacana-pendidikan-langkah-strategis peningkatan-kualitas-pendidikan/
http://worldtop20.org/2017-world-best-education-systems-1st-quarter-report
http://www.thejakartapost.com/academia/2016/12/18/indonesias-pisa-results-show-need-to-use-education-resources-more-efficiently.html
http://www.latimes.com/opinion/op-ed/la-oe-0318-doyle-finnish-schools-20160318-story.html
Tribunnews.com diunduh tanggal 4 Februari 2018.
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i80.655
Article Metrics
Sari view : 2065 timesPDF - 954 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.