PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Suci Ramadhani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara corporate governance perception index, kebijakan dividen, dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penellitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar dibursa efek. Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam pemeringkatan corporate governance perception index. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.

Untuk menganalisis sampel dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan SPSS versi 19.0. Berdasarkan hasil olahan data maka didapat bahwa corporate governance perception index tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebiajakn hutang berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Keyword : CGPI, DPR,DER,PBV.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brigham., Eugene dan Joel F. Houston., 2011, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Essential Of Financial Management, Buku 2, Edisi 11, Salemba Empat.

Dodi, Setiawan., 2008, Pengaruh Corporate Governance terhadap Kebijakan Dividen. The 2nd Accounting Conference, 1st Doctoral Colloquium, and Accounting. Workshop. Depok, 4-5 November.

Ghozali, Imam.2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jensen, Michael C., dan Meckling, William H., 1976, Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure, Journal of Financial Economics, October, 1976, V. 3, No. 4, pp. 305-360.

Meythi., dan Lusiyana Devita.,2011, Pengaruh Penerapan Corporate Governance (GCG) terhadap kinerja Keuangan Perusahaan : Studi Empirik Pada Perusahaan Go Publik yang Termasuk Kelompok Sepuluh Besar Menurut Corporate Governance Perception Index (CGPI) Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Hukum Bisnis dan Investasi, Volume 3, Nomor 1, hal. 71-89.

Muhammad, Ikbal.,dan Sutrisno.,dan Ali Djamhuri., 2011, Pengaruh Profitabilitas Dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang dan kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi 14 Aceh.

Pratana Puspa Midiastuty., Eddy Suranta., Rini Indriani., Elizabeth., 2008, Analisis Kebijakan Dividen: Suatu Pengujian Signalling Theory Dan Rent Extra Hypothesis. Universitas Bengkulu.

Reny Diah, Retno., dan Denies Priantinah., 2012, Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010, Jurnal Nominal, Volume I Nomor I / Tahun 2012.

Tendi, Haruman., 2008, Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan keuangan Dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi.

Ullah, Hamid, dan Asma Fidda, Shaifullah Khan, 2012, The Impact of Ownership Structure on Dividend Policy Evidence from Emerging Markets KSE-100 Index Pakistan, International Journal of Business and Social Science,Vol. 3 No. 9.

Umi, Mardiati., dan Gatot Nazir Ahmad., Ria Putri., 2012, Pengaruh Kebijakan Dividen , Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdatar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI),Vol. 3, No. 1, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i80.654

Article Metrics

Sari view : 208 times
PDF - 376 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.