PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 14 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2016/2017

Sri Wahyuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitifbiologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Kelas yang di ambil untuk menerapkan kooperatif TGTadalah kelas XI IPA 2 SMANegeri 14 Pekanbaru jumlah siswa 33 orang, dimana jumlah laki-laki 14 orang dan perempuan 19 orang. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar yang diperoleh dari kuis tiap kali pertemuan, tugas tiap kali pertemuan dan ulangan harian pada setiap siklus. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif hasil belajar yang dilakuan sebanyak dua kali siklus yang terdiri dari duabelas kali pertemuan, daya serap siswa mengalami penurunan sebesar 5,53% dari sebelum PTK (80,03%) setelah siklus PTK siklus I (74,50%) dan mengalami peningkatan sebesar 14,75% setelah siklus II (89,25%). Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA 2SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci : Kooperatif, Teams Games Tournament, Kemampuan Kognitif

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S., Suhardjono., Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Elfis. 2009. Bahan Ajar: Model-model RPP dengan Berbagai Macam Model Pembelajaran. FKIP-Universitas Islam Riau. Tidak diterbitkan. Pekanbaru.

Elfis. 2010b. Pendekatan Kontektual dalam Pembelajaran Biologi. Available.http:/elfisuir.blogspot.com/2010/01.pendekatan kontektual dalam pembelajaran biologi.html. (diakses 19 Juni 2015).

Elfis. 2010d. Desain Penelitian Tindakan Kelas. Available.http://elfisuir.blogspot. com. (diakses 16 Juni 2015).

Hasruddin. 2009. Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularasa Pps Unimed.(6), 48-60.

Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Pratiwi, B. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Menggunakan Handout Terhadap Kemampuan Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMAN 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Studi Pendidkan Biologi-FKIP-UIR: Pekanbaru.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia: Bogor.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali: Jakarta

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sadiman, 2011. Arief. S., Rahardjo, R., Haryono Anung. 2011. Media Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media. Bandung.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar.PT. Remaja Rosdakarya.

Suryani dan Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Ombak: Jakarta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Trianto. 2010. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana; Kencana.

Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara: Jakarta.

Oktaviana. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) Dengan Menggunakan Handout Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP AN-NUR Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi – FKIP – UIR. Pekanbaru.

Karnilawati. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) Dengan Menggunakan Handout Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIa SMPN 3 Siak Hulu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi – FKIP – UIR. Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i80.653

Article Metrics

Sari view : 332 times
PDF - 284 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.