Perbedaan Hasil Belajar Biologi Untuk Gender Berbeda Pada Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sma Negeri 4 Payakumbuh

Yendrita Yendrita, Sri Nengsi, Vina KH

Sari


Perbedaan gaya belajar dan sikap antara siswa laki-laki dan perempuan di SMA N.4 Payakumbuh mungkin akan menjadi suatu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara gender yang berbeda pada penggunaan model pembelajaran projek based learning pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Payakumbuh Hipotesis penelitian ini adalah: Terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan pada siswa laki-laki dan perempuan pada penggunaan model pembelajaran Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah melihat perbedaan hasil belajar Biologi antara siswa laki-laki dengan perempuan pada penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas Fase X SMA Negeri 4 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas Fase X E8 SMA Negeri 4 Payakumbuh. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Instrument penelitian adalah soal berupa objektif tes. Data dianalisis dengan uji t, dengan kriteria penerimaan hipotesis, diterima  Ho jika  -t tabel  –  𝛼 <  t hitung  < t tabel  –   𝛼, dengan peluang  ( 1-   𝛼 ) dan  dk      = ( n1 + n2) – 2 dan 𝛼 = 0,05.  Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara  siswa  laki-laki dengan siswa perempuan  pada penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas Fase X E8 SMA Negeri 4 Payakumbuh Tahun Ajaran 2023/2024.

Kata kunci : Hasil belajar biologi, Siswa Laki-laki dan Perempuan, Project Based

Learning, Problem Based Learning


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustrin, N. R., & Rindrayani, S. R. (2022). Pengaruh Gender Dan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Pakel, Tulungagung. Jurnal Economina, 1(2), 407–416. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.82

Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348

Barnas, S., & Ridwan, I. M. (2019). Perbedaan Gender dalam Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Mahasiswa Pendidikan Fisika. Diffraction, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i2.1328

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Masholekhatin, S. (2015). Pengaruh Model Project Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Online Muhammadiyah, 3(1), 10–16.

Mufardisah, A. dkk. (2014). HUBUNGAN GAYA BELAJAR BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG Mufardisah Arief 1 , Sihkabuden 2 , Saida Ulfa 3. 53–62.

Muspiroh, N. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Gender Pada Mata Pelajaran Biologi. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 2(1), 48. https://doi.org/10.24235/equalita.v2i1.7055

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.

Usman, U., Lestari, I. D., Astuti, S. H., Izanah, N., Wardani, R. A., Rahmah, A., Purbasari, N., Sultan, U., Tirtayasa, A., Ciwaru, J., No, R., Serang, K., & Serang, K. (2023). Jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran KURIKULUM MERDEKA Jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran PENDAHULUAN Kurikulum merupakan acuan dalam proses belajar dan mengajar di dunia pendidikan . Kurikulum juga diartikan sebagai alat penting yang digunakan untu. 2(1), 7–18.

Utami, N. E. S., & Yonanda, D. A. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 2(Smyth 2015), 144–149. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/314




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6522

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.