Eksplorasi Nilai Moderasi Islam dalam Pembelajaran PAI di MTs.N 7 Padang untuk Menghadapi Era Globalisasi

Zulkifli Zulkifli, Nana Sepriyanti, Martin Kustati

Sari


Pendidikan Islam di Indonesia, khususnya pada jenjang madrasah, memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa yang moderat, toleran, dan siap menghadapi tantangan globalisasi. Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan nilai-nilai moderasi Islam dalam pembelajaran adalah MTs.N 7 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai moderasi Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs.N 7 Padang, serta dampaknya terhadap perkembangan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai moderasi Islam di MTs.N 7 Padang dilakukan melalui integrasi materi pembelajaran yang mengedepankan toleransi, keadilan, dan keseimbangan, serta penerapan metode pengajaran yang interaktif dan berbasis teknologi. Dampak terhadap karakter siswa terlihat dalam peningkatan sikap toleran, empatik, inklusif, dan kemampuan berpikir kritis. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti pengaruh media sosial dan perbedaan pemahaman siswa, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis moderasi Islam dapat efektif dalam membentuk karakter siswa yang adaptif dan siap menghadapi globalisasi.

 

Kata Kunci: Nilai Moderasi Islam, Pendidikan Agama Islam, Era Globalisasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikarani, Y., Azman, Z., Aisyah, S., Ansyah, F. P., & Kirti, T. D. Z. (2024). Konsep Pendidikan Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 7(1), 71–88.

Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Kualitataif Kuantitatif Dan Mixed, terjemahan Achmad Fawaid. Pustaka Pelajar.

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73–87.

Fikri, A. (2019). Pengaruh globalisasi dan era disrupsi terhadap pendidikan dan nilai-nilai keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117–136.

Harri, M., Suhartono, Fitriati, T. K., & Subagja, I. K. (2022). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. CV. Pena Persada.

Karim, H. A. (2019). Implementasi Moderasi Pendidikan Islam Rahmatallil’Alamin dengan Nilai-Nilai Islam. Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 4(01), 1–20.

Nurdin, A. (2021). Konsepsi manajemen Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 94–116.

Putra, A., Homsatun, A., Jamhari, J., Setiani, M., & Nurhidayah, N. (2021). Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra Sebagai Jalan Moderasi Beragama. Jurnal Riset Agama, 1(3), 589–599.

Rasyid, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif: Teori, Metode, Dan Praktek. IAIN Kediri Press.

Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1–8.

Sholihul Huda, S. H. I., & Fil, M. (2022). Dakwah Digital Muhammadiyah (Pola Baru Dakwah Era Disrupsi). Samudra Biru.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhardi, U., Anwar, M. K., & Wibawa, Y. Y. (2022). Tantangan Moderasi Beragama Dalam Disrupsi Teknologi. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 27(2), 257–268.

Sultan, M., Kamaluddin, K., & Fitriani, F. (2023). Harmonisasi Sosial Keagamaan dan Kemasyarakatan Dalam Pandangan Islam dan Kong Hu Cu. Jurnal Penelitian Medan Agama, 14(1), 1–11.

Yusriyah, Y., & Khaerunnisa, K. (2023). Moderasi Beragama Dalam Perspektif Al-Qur’an. El-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education, 2(2), 229–246.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i2.6168

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.