Evaluasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Asy Syarif untuk Optimalisasi Infrastruktur dalam Mendukung Pembelajaran

Hidayati Suhaili, Remiswal Remiswal, Ahmad Sabri

Sari


Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang berperan penting dalam mencetak generasi yang memiliki kompetensi dalam bidang agama dan umum. Namun, pengelolaan sarana dan prasarana yang optimal sangat diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan Islam di Pondok Pesantren Asy Syarif, dengan fokus pada optimalisasi infrastruktur dalam mendukung pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan analisis terhadap empat komponen utama: konteks, masukan, proses, dan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di pesantren masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan fasilitas pendukung pembelajaran berbasis teknologi, anggaran yang terbatas, serta kebijakan pengelolaan yang belum terstruktur dengan baik. Proses pengelolaan sarana dan prasarana yang cenderung reaktif dan kurang terencana mengakibatkan ketidakoptimalan pemanfaatan fasilitas yang ada. Produk dari pengelolaan sarana dan prasarana, baik dari segi kualitas pembelajaran maupun kenyamanan santri, belum mencapai potensi maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk meningkatkan perencanaan dan pengelolaan fasilitas yang lebih terstruktur, serta menyediakan sarana yang lebih mendukung pembelajaran berbasis teknologi, guna meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Asy Syarif.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Pengelolaan Sarana Dan Prasarana, Optimalisasi Infrastruktur.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alinata, R., Sari, W. A., & Putri, Y. K. (2024). Makna Pendidikan Dalam Perspektif Islam dan Relevansinya Dengan Pendidikan di Indonesia. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 169–182.

Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Kualitataif Kuantitatif Dan Mixed, terjemahan Achmad Fawaid. Pustaka Pelajar.

Damanhuri, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2013). Inovasi pengelolaan pesantren dalam menghadapi persaingan di era globalisasi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 17–37.

DINATA, Y. (2024). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA KONFLIK TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA NURUL HIDAYAH SUNGAI SALAK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR [PhD Thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU].

Fiqih, M. A. (2022). Peran pesantren dalam menjaga tradisi-budaya dan moral bangsa. PANDAWA, 4(1), 42–65.

Hanafie Das, W., & Halik, A. (2020). Pendidikan Islam di Pondok Pesantren: Problematika dan Solusinya. Uwais Inspirasi Indonesia.

Harri, M., Suhartono, Fitriati, T. K., & Subagja, I. K. (2022). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. CV. Pena Persada.

Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program pendidikan karakter sebagai fungsi pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353–2362.

Rofiqoh, I. & Zulhawati. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Sutiawan, I. (2023). Madrasah Menghadapi Era Society 5.0. GUEPEDIA.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i2.6141

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.