Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Ppob (Payment Poin Online Bank) Terhadap Kepuasaan Pelanggan
Sari
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan oleh manusia, menunjukkan setiap perusahaan atau bisnis harus mampu meningkatkan kualitas layanan, yang nantinya akan mendukung terwujudnya kepuasan pelanggan, terutama dengan persaingan yang lebih tinggi dalam persaingan bisnis yang penuh keterbukaan dan kebebasan dalam menjalankan kegiatan ekonomi, membuat semua perusahaan atau bisnis harus mampu meningkatkan keterampilan untuk memberikan layanan kepada pelanggan. PPOB (Payment Point Online Bank) adalah salah satu aplikasi layanan yang dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam proses pembayaran listrik, PDAM, telepon, BPJS, pajak, remitansi, dan lainnya. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan PPOB (Payment Point Online Bank) terhadap kepuasan pelanggan di CV. Sinar Mulia Jaya di Tanah Grogot. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pembayaran pada CV. Sinar Mulia Jaya dimulai dari Februari-Maret 2023. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel insidental dengan metode Slovin dan memperoleh 92 responden dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa hasil uji reliabilitas dengan Cronbach's Alpha 0,757 dinyatakan baik, hasil perhitungan koefisien determinasi R2 sebesar 0,603 atau tingkat pengaruh yang kuat antara variabel independen dan variabel dependen, hasil analisis uji F dan uji t bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asmoro, Budi, & S. T. Aris Rakhmadi. (2014). Perancangan aplikasi pembayaran rekening pamsimas sumber agung di desa sukorejo kabupaten sragen berbasis web. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Atmawati, R., & Wahyuddin, M. (2004). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Matahari Departement Store di Solo Grand Mall.
Bratakusuma, T., & Kuswanto, E. (2019). Integrasi Pembayaran Pamsimas Desa Dermaji dengan PPOB Menggunakan Web Service. Journal of Innovation Information Technology and Application (JINITA), 1(1), 61–67.
Datuamas, A. A. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN PAYMENT POINT ONLINE BANK (PPOB): FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN PAYMENT POINT ONLINE BANK (PPOB). CAM JOURNAL: Change Agent For Management Journal, 3(2).
Fithriani, M. (2020). Analisis Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Niat Pembelian Jasa Payment Point Online Bank. Ensains Journal, 3(1), 68–75.
Hardianto, W. T., Suprojo, A., & Rettob, B. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Pembayaran Rekening Listrik (Studi Pada Unit Pelayanan Pelanggan di Probolinggo). Reformasi, 2(2).
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. 1988, 64(1), 12–40.
Prabowo, D. (2015). Website E-Commerce Menggunakan Model View Controller (MVC) Dengan Framework Codeigniter Studi Kasus: Toko Miniatur. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 16(1), 23.
Priyatno. (2010). Paham Anilisa Statistik Data Dengan SPSS. Mediakom.
Purwatiningsih, A., Lestari, A. W., & Kamaluddin, K. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem Payment Point Online Bank (Ppob) terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada PT. Pln Persero Area Pelayanan Pelanggan dan Jaringan di Probolinggo). Reformasi, 11(2), 140–150.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6052
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.