Inovasi Dan Pengembangan Pembelajaran Era Digital

Apriyal Fakih, Yuli Setiowati, Rizqha Sepriyanti Burano

Sari


Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mengubah cara mengakses informasi. Penggunaan perangkat mobile, internet, dan berbagai aplikasi pembelajaran online semakin marak. Hal ini menuntut adanya inovasi dalam metode pembelajaran agar lebih relevan dan menarik bagi peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi TIK yang digunakan untuk inovasi pembelajaran dan model pembelajaran era digital. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu metode deskriptif dan melalui studi pustaka.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat tiga inovasi pembelajaran yang dapat diaplikasikan yaitu: Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBl), Google Sites dan Google Drive. Dan terdapat tiga model pembelajaran era digital yaitu: Blended Learning adalah kombinasi antara pembelajaran daring (online) dan pembelajaran tatap muka (offline), Distant Learning (Pendidikan Jarak Jauh) dan Mobile Learning (M-Learning) Mobile Learning adalah pembelajaran dengan dukungan teknologi seluler nirkabel (smartphone).

 

Kata kunci: Inovasi, Teknologi, Pembelajaran, Digital

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia Tahun 2024 diakses di situs https://www.inilah.com/data-pengguna-media-sosial-indonesia pada Sabtu, 05 Oktober 2024.

Dewi Salma Prawiradilaga, Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning, Jakarta: Kencana, 2013, ISBN. 978-692-7985-13-1

Estu dkk. 2022. Inovasi Pembelajaran “Peningkatan Kualitas Guru”. Yayasan Wiyata Bestari Samasta: Cirebon

Guillen Gamez, F. D., & Mayorga-Fernández, M. J. (2022). Measuring Rural Teachers’ Digital Competence to Communicate with the Educational Community. Journal of New Approaches in Educational Research, 11(2), 323. https://doi.org/10.7821/naer.2022.7.1053

Kareem, A. A. (2018). The use of Multimedia inTeaching Biology and Its Impact on Students’ Learning Outcomes. The Eurasia Proceedings of Educational & Social Sciences (EPESS), 9, 157–165. http://www.epess.net/en/pub/issue/38900/457937

Kurniawan, Reza A. 2022. Peran Inovasi dalam Pembelajaran Berbasis teknologi. Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS IKIP ULM, 1 (1): Banjarmasin.

Mohamed, A. M. (2023). Investigating the Benefits of Multimodal Project-Based Learning in Teaching English to International Students. International Journal of Educational Innovation and Research, 2(2), 114-129.

Rosyddin, Anggun A. Z., Johan, R. C., & Mulyadi, D. (2022). Inovasi pembelajaran Sebagai Upaya Menyelesaikan Problematika Pendidikan Indonesia. Jurnal UPI, 19 (1), 44-53, https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42679

Pengertian dan Manfaat Blended Learning Bagi Mahasiswa diakses di situs https://it.telkomuniversity.ac.id/blended-learning-adalah/ pada Sabtu, 05 Oktober 2024.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6051

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.