Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar

Ulandari Safitri

Sari


Abstrak

Dalam proses ilmiah, penekanannya pada penggunaan pengalaman langsung untuk mengembangkan kemampuan siswa berpikir dan bertindak secara ilmiah, serta sebagai unsur penting kehidupan keterampilan yang memungkinkan siswa untuk belajar dan memahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REDEC terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjekypenelitian ini ialah siswa kelas V SDN 01 Sicincin yang berjumlah 46 yaitu kelas VA 23 dan VB 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitianydiperoleh nilai rata-ratakkelas eksperimen adalah 82.45 dan 70,96 pada kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkanybahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA menggunakan model RADEC. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunkan model RADEC lebih baik dibndingkan dengan pembelajaran tradisional.

 

Kata Kunci : Radec, Hasil Belajar, IPA.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pgsd. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 1–14.

Anggorowati, N. P. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sosiologi. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(1), 103–120.

Annisa, D. S., & Fitria, Y. (2021). Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies., 4(2), 498–508.

Fani. (2021). Engaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Kemamapuan Numerik Ditinjau Dari IQ Siswa. Pendidikan Indonesia, 1(69), 5–24.

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).

Handayani. (2019). Dampak Perlakuan Model Pembelajaran Radec Bagi Calon Guru Terhadap Kemampuan Merencanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 79–93. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1857

Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517.

Indriyani. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.

Jaenudin, I. (2022). Irfan Jaenudin, - (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SISWA SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. In S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Juniarti, N. (2015). Faktor penyebab menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi di SMA. Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–11.

Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. (2021). Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 103–111.

Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 7(1), 137–156.

Magdalena. (2020). Peran Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 383–392.

Nurhayati. (2022). Kinerja Kepala Sekolah Kinerja Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 634–644.

Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653

Putra. (2020). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 426–433.

Rindiana, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89–100.

Rizal. (2017). Strategi Guru Kelas dalam Munumbuhkan Nilai-nilai Karakter Pada Siswa Sd/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 45–60.

Setiawan. (2022). Keterampilan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Radec. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 133.

Setyawan. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 1(1), 570–571.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Bandung : ALFABETA.

Yanti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.5975

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.