Dampak Dari Kurangnya Sarana Yang Memadai Bagi Guru Bk Dalam Pelaksanaan Pelayanan Konseling Di Sekolah

Apriyani Nur Santika, Al Amin Atur Ridho, Azkia Rahma Safira, Annisa Nurfadila

Sari


 

Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk melihat dampak dari kurangnya sarana bagi guru BK dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling yang di selenggarakan atau di lakukan di sekolah. Jenis metode yang di gunakan dalam studi literatur ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan jenis dari penelitian yang mana berupa studi kepustakaan. Hasil dari studi literatur ini ialah kurangnya sarana bagi guru BK dalam pelaksanaan layanan BK di sekolah ialah kurang berjalan secara oktimalnya pelayanan BK dan besarnya peran guru BK dalam memaksimalkan pelayanan BK bagi siswa. Sehingga guru BK lebih dituntut dalam memaksimalkan program layanan BK agar pelayanan BK tetap berjalan semestinya di sekolah.

Kata Kunci: sarana guru BK, bimbingan konseling, siswa

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aldiyanti, R. (2021, August). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Amka. (2023). Efektifitas Guru Pendidikan Khusus (GPK) Sekolah Inklusif. Palembang: CV Penerbit Anugrah Jaya.

Anggina, A., Medy, P. A., & Yentiarsini, Y. (2023). Manfaat Media dan Teknologi Sarana Bimbingan Konseling pada Institusi Pendidikan Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sekolah. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 388-397.

Aziz, L. A. (2015). Upaya perpustakaan dalam mengurangi plagiarisme pada karya ilmiah mahasiswa (Studi kasus di UPT Perpustakaan UNIKA Soegijapranata). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3), 131-140.

Bhakti, C. P. (2018). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah di Kabupaten Gunungkidul. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2 (2), 100–104.

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendiknas RI.

Dalimunthe, D. E., Azzahra, D., Aulia, M., Berutu, S. A., Lubis, R. N., & Azhari, M. T. (2022). Pelayanan, Sarana Prasarana dan Manajemen Bimbingan Konseling di MTsN 2 Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13452-13459.

Desi, M., & Amalinda, Y. N. (2018). Strategi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Era Disrupsi Semarang. In Proseding Seminar Nasional. Semarang.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, E., Neviyarni, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). Problematika layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 174-180.

Gysbers, Norman dan Patricia Henderson. (2005). Developing & Managing Your School Guidance and Counseling.Alexandria: American Counseling Association.

Harahap, A. C. P., Sofia, R., Lestari, S., Jumiarti, S., & Hamidah, S. (2022). Gambaran Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling di Beberapa Sekolah/Madrasah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 866-870.

Harahap, A. F., Mayasari, A. D., Siregar, M., Wildani, T., Sitompul, Y. Y., & Azhari, M. T. (2022). Bentuk Pelayanan BK, Sarana Prasarana, dan Manajemen di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Abraar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 553- 561.

Indrawan, I. 2015. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.Yogyakarta:Deepublish.

Marimbun, M., & Pohan, R. A. (2021). Gambaran Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Negeri di Indonesia. ENLIGHTEN (Jurnal Dan Bimbingan Konseling Islam), 4 (2), 76–87.

Megawati, M., & Rochman, C. (2020). Analisis Ketercapaian Standar Sarana dan Prasarana pada Sekolah Menengah Pertama di Bekasi. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 240-258.

Naraswari, I. A. M. D., Dantes, N., & Suranata, K. (2020). Pengembangan Buku Panduan Konseling Cognitive Behavior Untk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA: Studi Analisis Validitas Teoretik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 9-16.

Purwanti, W., Firman, F., & Sano, A. (2013). Hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK dengan minat siswa untuk mengikuti konseling perorangan. Konselor, 2(1).

Purwasih, R., & Syukur, Y. (2023). Hubungan Sarana dan Prasarana dengan Minat Siswa Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24221-24228.

Putranti, D., 2015. Studi Deskriptif tentang Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), pp.45–50.

Rahmayanti, D., Nabila, E., Jannah, L. U., Yazidsyah, R., & Azhari, M. T. (2022). Pelayanan BK dalam Instuisi Pendidikan di SMA Negeri 1 Selesai yang di Tinjau dari: Pelayanan, Sarana Prasarana, dan Manajemen. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 523-530.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.

Sabarguna, B. S. (2005). Analisis Data pada Penelitian Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: RinekaCipta.

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut, (2008). Pengantar pelaksanaan Program Bimbingan danKonseling di Sekolah. Jakarta: Rineka cipta.

Surakhmad, W. (2009). Pendidikan nasional, strategi, dan tragedi. Penerbit Buku Kompas.

Suvita, Y., Manullang, T. I. B., Sunardi, S., & Supriatna, M. (2022). Kelengkapan Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 155-164.

Yudi, A. A. (2012). Pengembangan mutu pendidikan ditinjau dari segi sarana dan prasarana (Sarana dan prasarana PPLP). Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1).

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5899

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.