Penerapan Layanan Bimbingan Konseling dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Belajar
Sari
Keberhasilan pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah tidak lepas dari peran berbagai pemangku kepentingan di sekolah. Selain pengawasan terhadap guru atau konselor yang terutama bertanggung jawab dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah, perlu adanya peran serta kepala sekolah dan guru mata pelajaran dalam seluruh proses pendidikan. Peranan layanan bimbingan dan konseling adalah menjadi pelaksana utama yang mengkoordinasikan seluruh kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Pelayanan ini merupakan bantuan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain agar dapat menjalankan aktivitas kehidupannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui metode penelitian kepustakaan. Dengan studi literatur, data diperoleh melalui proses membaca dan mengumpulkan data dari majalah, buku, dan sumber lain yang diperoleh secara online dan offline. Teknik analisis penelitian ini meliputi analisis data dengan teori-teori yang relevan sehingga penulis kemudian dapat menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar siswa, dikerahkan layanan bimbingan dan konsultasi, termasuk layanan penguasaan informasi dan konten.
Kata kunci: Layanan Bimbingan dan Konseling, Motivasi, Keterampilan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aunurrahman. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.
Baidowi. (2019). Penerapan Model Market Place Activity (Mpa) Untuk Meningkatan Ketrampilan Abad 21 Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2).
Budiarjo, Lily. (2007). Ketrampilan Belajar. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Damin, Sudarman. (2004). Inovasi Pendidikan. Bandung:Pustaka Setia.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta:Deepublish.
Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Hellen. (2005). Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Persepektif Guru Dan Siswa. Bandung:Pt Rosda Karya.
Martinis, Yamin. (2009). Strategi Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta:Gaung Persda.
Prayetno. (1997). Layanan Konseling Untuk Para Pekerja. Padang:Unp Pres Padang.
Prayetno Dan Amti, E. (1999). Dasar Dasar Bimbingan Dan Konseling.Jakarta: Rineka Cipta.
Prayetno Dan Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A. . (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A. . (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru Dan Calon Guru. Jakarta:Rajawali Pers.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R Dan D. Bandung:Alfabeta.
Supriatna, Mamat. (2011). Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kompetensi (Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor). Jakarta: Pt Grapindo Persada.
Surya, Hendra. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta:Grasindo.
Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Pt Remaja.
Tohirin. (2007). Bimbingan Dan Konseling Disekolah Dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Winarsih, Varia. (2009). Psikologi Pendidikan. Medan:Latansa Pers.
Wingkel. (2008). Bimbingan Dan Konseling Di Intuti Pendidikan. Jakarta:Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Wingkel, W. S. (1991). Bimbingan Dan Konseling Disekolah Menengah. Jakarta: Pt Grasindo.
Wingkel, W. S Dan Hastuti. (2006). Bimbingan Dan Konseling Diinstitut Pendidikan. Yogyakarta:Media Abadi.
Yusuf, Syamsu. Juntika, Nurihsan. (2010). Landasan Bimbingan Dan Konseling. Bandung: Rosdakarya.
Yusuf, A . Muri. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: Unp Pres Padang.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5893
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.