PENGARUH LOKASI, PERSEPSI HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CS MINIMARKET PAUH KAMBAR NAN SABARIS

Novi Yanti

Sari


This study aims to determine the influence of location, price perceptions and completeness of the product to customer loyalty on CS minimarket Pauh Kambar Nan Sabaris. This study is a survey study obtained based on the questionnaire distribution. The population in this research is minimarket customer of Pauh Kambar Nan Sabaris. The sample used in this study were 70 respondents, using sampling technique accidental sampling, the data was processed with SPSS 16.0. The results can be concluded; 1) Location affects customer loyalty on CS minimarket Pauh Kambar Nan Sabaris sig 0,012<(0,05); 2) Price perceptions affect customer loyalty at CS minimarket Pauh Kambar Nan Sabaris sig0,003<(0,05);3) Product completeness affects customer loyalty at CS minimarket Pauh Kambar Nan Sabaris sig 0,017<(0,05) and 4) Location, price perception and completeness of product together influence to customer loyalty at CS minimarket Pauh Kambar Nan Sabaris sig 0,000<(0,05) with regression coefficient Y = 0,952 + 0,204X1 + 0.314X2 + 0.204X3 with R = 0.577 or R2 = 0.333. Location, perception of price and completeness of the product affects customer loyalty of 33.3%, while the remaining 66.7% influenced by other variables outside of this research variables.

 

Keyword : Location, Price Perception, Product Completeness, Customer Loyalty.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, B. 2009.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Erlangga. Bandung.

Bhuono Agung, Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS.Yogyakarta.

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Dolly Indra Sinurat, 2015.Pengaruh produk, harga, promosi, suasana toko, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen (Studi kasus pada konsumen tujuh Alfamart di wilayah Kec. Depok Kab. Sleman Provinsi DIY).

Fandy Tjiptono, 2009, Manajemen Jasa, Ed III, ANDI. Yogyakarta

Ghozali, Imam 2007, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS.

PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2008. Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. (2003). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan

Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa : Dwi Kartini Yahya. Jakarta : Erlangga

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyality : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hasan, Ali. (2009). Marketting. Edisi Pertama. Jakarta : Media Pressindo

Jurnal Samuel Adhimas Putra Tahun 2013 Semarang.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Edisi 1. Bandung:Alfabeta

Kotler dan Amstrong.Prinsip-prisip pemasaran.Edisi 12.Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler dan Amstrong. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid I. Edisi 9.Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi 6, Jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Implementasi dan Kontrol.Terjemahan Hendri Teguh dan Rony A. Rusli. Jakarta: Perhalindo.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Kevin Lare Keller. 2007. Manajemen pemasaran. Edisi kedua belas jilid satu. Alih Bahasa Benjamin Molan, Jakarta: indeks

Kotler, P. 2010. Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian.Jilid 1.Erlangga. Jakarta.

Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel (Ed. Ke 2). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Panuntun Tyas Adi, 2013. Analisis Pengaruh persepsi harga, kualitas layanan dan nilai pelanggan melalui kepuasan pelanggan dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada Minimarket Ariesmart Depok).

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson, 2009, Consumer Behaviour Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi 4, Jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga

Prof. dr. Suharsimi Arikunto, 2007. Metode Manajemen Penelitian, Jakarta

Rineka

Sadono Sukirno, Mikro Ekonomi Teori Pengantar,Cetakan Ke 27 (2012). Penerbit PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Samuel Adhimas Putra, 2013. Analisis Pengaruh lokasi, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan di toko Sali kaligawe, Semarang.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis.Jilid I. Edisi kesembilan.Indeks. Jakarta.

Sugiyono, 2002.Metode Penelitian Kuantitatif, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2009, Statistik untuk penelitian, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung

Supriyanto dan Ernawati, 2010. Judul: Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.

Tjiptono, F.2008. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua, Penerbit Bayu Media Malang.

Yudhi, Koesworodjati. 2006. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran. FE UNPAS. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v11i78.586

Article Metrics

Sari view : 1314 times
PDF - 1201 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.