Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Dalam Pembelajaran Biologi Di Sma Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh

Yendrita Yendrita, Elijonnahdi Elijonnahdi, M. Alhadi M. Alhadi

Sari


Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar biologi siswa adalah kurang kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada buku paket atau sumber lainnya.Penggunaan model CIRC merupakan salah satu Solusi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahan bacaan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar Biologi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah  quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian  ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Kecamatan Payakumbuh. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan dengan Purposive Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes.Data dianalisis dengan Uji Mann Whiteney dan uji Z.Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar Biologi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Hasil Belajar Biologi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ary Donal, Jacobs lucy Cheser, Razavieh Asghar (1982). Penerjemah : Arif Furchan. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya USAHA NASIONAL.

Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Apllication of Blended Learning with a STEM Approach to Improve Students’ Science Literacy Ability during the Covid 19 Pandemic. Journal of Biology Learning, 3(1), 25.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Setiawan, R. A., Hidayat, M. S., & Fatimah, F. (2023). PENGERTIAN DAN HAKIKAT BELAJAR & PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. 11(1), 31–41.

Sintia, A., & Ramadhan, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Painan. Jurnal Pendidikan, 32(2), 339–346. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4126

Supriyadi, S. (2018). PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERBICARA DENGAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115

Syaputri, C. N., & Djulia, E. (2018). Pengaruh Model Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Dengan Menggunakan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Tumbuhan Di Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah 1 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1), 54–59. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.9174

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, 5(1), 18–27.

Wahyuda, A., Ananda Putri, A. P., Bella Villanda, B. V., Widiya Tri Utami, W. T. U., & Windari Ramdani, W. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Menggunakan Komik Biologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Materi Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas VII-A SMPN 1 Beringin. Biodik, 9(1), 133–138. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19668

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yudasmini, N. M., Marhaeni, A. A. I. N., & Jampel, N. (2015). Pengaruh model pembelajaran circ (cooperative integrated reading and composition) terhadap minat baca dan kemampuan memahami bacaan pada siswa kelas vi di sekolah dasar gugus buruan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 1–9. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/1578




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5820

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.