Pengaruh Penggunaan Metode Nht ( Numbered Head Together) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Kecamatan Guguak
Sari
ABSTRAK: Latar belakang penelitian ini, yaitu: Kurang aktifnya siswa ketika pembelajaran dilaksanakan dan siswa yang tidak fokus ketika pembelajaran dilaksanakan permasalahan dari guru yaitu yang kurang menggunakan variasi metode pembelajaran ketika pembelajaran dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan Pengaruh Penggunaan metode NHT (Numbered Head Together) Terhadap Keterampilan Menulis teks prosedur Siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Keacamatan Guguak yang berjumlah 321 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI TAV 1 yang berjumlah 22 siswa dan XI TAV 2 yang berjumlah 22 siswa dengan menggunakan teknik cluster rondom sampling dalam pengambilan sampelnya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes unjuk kerja. Data dianalisis dengan uji ‘t’ dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis.
Analisis data menunjukkan bahwa metode NHT (Numbered Head Together), berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan nilai siswa, yang mana pada waktu prates nilai rata-rata/mean () adalah 71,25. Setelah diterapkan model pembelajaran Cycle Learning (pembelajaran bersiklus) dalam proses pembelajaran pada waktu posttes dengan nilai rata-rata/mean ( ) adalah 86,25 . Hal ini dilihat bahwa nilai thitung lebih besar
dari ttabel (thitung =6,62 > ttabel = 2,0930), karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha (Hipotesis Alternatif) diterima. Jadi hasil pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas eksperimen yang diajar dengan metode NHT (Numbered Head Together) lebih baik dibanding hasil pembelajaran siswa kelas kontrol dengan metode Konvensional.
Kata kunci: Menulis, Teks prosedur, NHT (Numbered Head Together)
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Darmawati, Uti. 2014. Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia Ragam Teks.
Klaten.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.
Jakarta : Rineka
Fathurrohman,Muhammad. 2015. Model- model Pembelajaran Inovatif.
Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gulo. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta.
Hamsa. (2009). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
Ibrahim 2017. Perpaduan model pembelajaran aktif Konvensional (ceramah) dengan cooperative (Make-A match) untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan.
Indrawati. (2007). Pembelajaran Kooperatif. Bandung.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAN Kelas XI. Jakarta: Kementerian.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta.
Kurniasih. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta. Lestari, K.A. & Yudhanegara, M. R. (2015) penelitian pendidikan matematika,
Bandung: Refika Aditama. Hal. 46.
M. Atar Semi. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.
Jakarta.
Mulyadi, Yadi. 2014. Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
Muslimin, Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5818
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.