Pengaruh Keragaman Produk, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Kepuasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Gendis Nyass

Arya Viky Andika, Dini Elida Putri, Yesi Gusteti

Sari


Keputusan pembelian berdampak penting untuk perkembangan dan keberlangsungan  sebuah usaha, artinya konsumen akan percaya bahwa produk yang dibeli sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh keragaman produk, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian produk bakery Gendis Nyass. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menyebarkan kuesioner yang valid dan reliable terhadap 140 responden sampel penelitian, yaitu konsumen Gendis Nyass yang pernah membeli produk Gendis Nyass lebih dari satu kali. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis korelasi, analisis linier berganda, uji t (uji parsial), uji f (uji simultan ) dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keragaman produk, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan kepuasan konsumen  secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Gendis Nyass.

 

Kata Kunci: keragaman produk, electronic word of mouth (e-wom), kepuasan konsumen, keputusan pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, M. J. C. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Management Business, 60(3), 1–14. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/4253/1/FIAN AYU.pdf

Arifianto, E. (2018). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi, Keragaman Produk Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kentucky Fried Chiken (Kfc) Cabang Ahmad Yani Padang. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Astuti, Y. T. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee. (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau). In Universitas Islam Riau (Vol. 44, Issue 8). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Febriyanti Fitria, N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-service quality dan Electronic word of mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajamen, Ekonomi Dan Kewirausahaan (Jurnal Jimek), 2(2), 181–191. https://repo.undiksha.ac.id/10840/%0Ahttps://repo.undiksha.ac.id/10840/9/1817041132-LAMPIRAN.pdf

Geret, M., Yelviana, A., Sagitary, A., Fitri, A., Putri, I. K., & Putra, R. B. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Transmart Padang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu Nusantara, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.61674/jimin.v1i1.47

Handayani, F. (2021). “Pengaruh keragaman produk, keamanan dan kemudahan bertransaksi terhadap keputusan pembelian pada toko online dengan promosi sebagai variabel moderasi.” In Gastronomía ecuatoriana y turismo local.: Vol. Vol.1 (Issue 69).

Hidayat, R. (2015). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Philips ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Telkom University). Ecodemia, 3(1), 305–310.

Himmah, A. R., & Prihatini, A. E. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Pixy Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1153–1161. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31359

Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Principles of Marketing, Global Edition, 16th Edition. Harlow : Essex Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Marketing management. Upper Saddle River, N.J. : Pearson Prentice Hall.

Marwia. (2019). Pengaruh Harga dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop (Studi Kasus Pada Konsumen Online Shop di UNISMUH Makassar). In Universitas Muhammadiyah Makassar (Vol. 1, Issue 1). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mas’ud, A. A., Rombe, E., & Nainggolan, E. P. (2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Konsumen Pada Café Dan Resto Bangi Kopitiam Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(1), 71–80. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i1.107

Mayroza Wiska, Fenisi Resty, & Hidayatul Fitriani, H. F. (2022). Analisis Content Marketing Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom ) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya). Manajemen Dewantara, 6(2), 153–162. https://doi.org/10.26460/md.v6i2.12524

Munawaroh, M., Gusteti, Y., & Resty, F. (2021). Pengaruh Selebrity Endorser, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswi Asrama Undhari). Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 170. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.960

Noor, fahtira virdha. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT HERBA PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (Studi. In Bussiness Law binus (Vol. 7, Issue 2). http://repository.radenintan.ac.id/11375/1/PERPUS PUSAT.pdf%0Ahttp://business-law.binus.ac.id/2015/10/08/pariwisata-syariah/%0Ahttps://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/8839

Novry. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Seraya Makmur Perdana [Universitas Putera Batam]. In … JOURNAL: Jurnal Ilmiah …. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/view/3147%0Ahttps://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/download/3147/1752

Nur, L. (2020). Pengaruhelectronic Word of Mouth(Ewom) Pada Minatbeli Pelanggan Di Situssocial Commercemedia Sosial Instagram. Journal Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 12.

Oktaviani, S., & Hernawan, E. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lunica. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen, 10(2), 1–15. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6451%0Ahttp://repository.stei.ac.id/6451/3/BAB 2.pdf

Patmala, R., Gusteti, Y., & Resty, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Di Kecamatan Koto Salak (Studi Kasus Pada Wanita Di Kecamatan Koto Salak). Jurnal Sinar Manajemen, 09(03), 2337–8743.

Priastuti, S. A., Wiska, M., & Purwanto, K. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Intrcom Di Dharmasraya Tahun 2020. 3(2), 138–154.

Purwanto, K. (2015). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa.

Putra, K. E. (2019). Pengaruh Keragaman Produk, Promosi dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sembako Dan Kebutuhan Rumah Tangga Archi Di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi, 17.

Putri, D. E., & Ermawati, E. (2022). Analisis Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Cash on Delivery Aplikasi Shopee (Studi Konsumen Mahasiswa Undhari). ECOTECHNOPRENEUR : Journal Economics, Technology And Entrepreneur, 1(03), 252–262. https://doi.org/10.62668/ecotechnopreneur.v1i03.259

Rian Amdhani, Eka Erma Wati, & Kelik Purwanto. (2022). Analisis Promosi, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Beat Oleh Mahasiswa Undhari. Manajemen Dewantara, 6(3), 281–291. https://doi.org/10.26460/md.v6i3.13191

Rumagit, I. A., Lapian, S. L. H. V. J., Tampenawas, J. L. A., Pembelian, K., Pada, K., Pandemi, M., Rumagit, I. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Tampenawas, J. L. A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, E-WOM, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Masa Covid-19 (Studi : Konsumen Kopi Kenangan di Kota Manado). 11(1), 1242–1252.

Saputra, E. A. (2021). Pengaruh Presepsi Harga, Keragaman Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toserba Indrako Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. UIN SUSKA RIAU.

Silaban, E. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Di shopee.co.id. In Skripsi Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung. http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/1810

Soenarko, P. F., Herawati, A., & Asnawi, A. (2023). Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian ONLINE Produk Abon Bu Sarti Surabaya. 1(2), 119–140.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (ke-1). Alfabeta.

Sukatin, Nurkhalipah, Kurnia, A., Ramadani, D., & Fatimah. (2022). Mengingkatkan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Studi Kasus Di Skye Restaurant & Bar. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(9), 1278–1285.

Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4293




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5809

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.